Lihat ke Halaman Asli

Mungkinkah Saya Menikah dengan Pria yang (Jauh) Lebih Muda?

Diperbarui: 28 Mei 2016   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pernikahan. Goodventure.com

Seorang wanita yang sudah berumur sekitar tiga puluh lima tiba-tiba merasakan jatuh cinta kepada seorang pemuda berusia 19 tahun. Mencoba menepis rasa suka itu ternyata tidak mudah.

Dia merasa tidak benar, dan karenanya berusaha untuk menghilangkannya. Menjaga supaya tidak bertemu. Menjaga bersikap sebagai kakak kepada adiknya. Namun kemudian perasaan kangen, perasaan ingin bersama, perasaan untuk berjalan berdua, datang lagi dengan kuat.

Dia tahu, pria itu juga senang bersamanya. Bahkan pernah pria pernah mengatakan betapa senangnya bila bisa menikah dengannya. Karena itu ikatan dengan pria itu sangat sulit dilepaskan.

Dalam pergolakan itu  terdengarlah suara dalam batinnya, apakah benar-benar aku  salah kalau berelasi dengannya sebagai orang yang memadu kasih dan menuju pernikahan? Bukankah aku tidak melanggar apapun? Namun dia ragu-ragu juga untuk melangkah.

Dalam kegalauan itu dia terus bertanya dan berdoa.

Saya mencoba menuliskan apa saja yang perlu dipikirkan dalam relasi wanita dan pria seperti itu. Semoga menolong.

Tidak Ada Larangan

Secara rohani tidak ada larangan langsung untuk menikah dengan pria yang jauh lebih muda. Alkitab memberikan prinsip-prinsip pernikahan, tetapi tidak bicara secara langsung tentang batasan usia. Karena itu kalau pijakannya adalah perintah atau larangan, maka tidak ada perintah atau pun larangan untuk itu.

Karena nya jawaban untuk pertanyaan itu didapat dari pemikiran-pemikiran yang berasal dari prinsip-prinsip rohani, psikologi, dan sosial.

Pandangan sosial

Ketika teman wanita itu merasa tidak benar punya perasaan terhadap teman mudanya itu maka perasaan itu berasal dari cara pandang masyarakat tentang pernikahan beda usia, apalagi yang pria jauh lebih muda. Bahkan dirinya sendiri, dulu, sebelum merasa tertarik dengan pria tersebut, sulit menerima relasi seorang wanita dengan pria yang jauh lebih muda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline