Lihat ke Halaman Asli

Gunawan Hasibuan

mahasiswa uin walisongo

Game Change

Diperbarui: 21 November 2021   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Game change adalah sebuah filim drama politik HBO Amerika serikat pada tahun 2012. filim ini di sutradarai oleh jay roach dan filim ini di tulis oleh seorang penulis bernama danny strong. 

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yaitu saat pemilihan presiden amerika serikat pada tahun 2008. Kisah ini bermulai dari ketika mccain menelpon steve schmidt yaitu seorang yang paham dan sanagat mengerti tentang menyusun strategi kampanye politik. dan mccain meminta steve scmidt untuk bergabung menjadi tim sukses nya 24 Juli 2008. 

McCain dan staff tim suksesnya menonton pidato Barrack Obama di Berlin. Setelahnya, mereka kagum sekaligus resah, mereka segera mencari cara untuk mensiasati permasalahan pidato Obama. mereka tahu bahwa Obama mempunyai kharisma dalam berpidato. 

Fred Davis, menyarankan untuk mengangkat isu Pendeta Wright yang mengatakan "Amerika Sialan". Namun ditolak mentah oleh McCain. Ia beralasan ingin memberikan kampanye yang bisa dibanggakan anak-anaknya. 

Sebenarnya McCain menunjuk Joe Lieberman untuk mendampinginya dalam pemilu, namun sebagian besar staffnya tidak setuju karena mereka berdua berasal dari partai berbeda 

Ada beberapa opsi yang akan dijadikan pasangan McCain. Rick Davis, Campaign Manager, mencoba mencarikan info pasangan untuk McCain lewat Youtube. 

Ada beberapa kandidat yang akan disandingkan denagn McCain, diantaranya Meg Wgitman, Linda Lingle, Kay Bally Hutchison, hingga Susan Collins. 

Akhirnya pilihannya jatuh pada Sarah Palin, Gubernur Alaska, yang menurutnya paling cocok untuk dipasangkan dengan John McCain.  Dalam polling, McCain kalah 5-8 angka dari Obama. 

Para penasihat McCain menyarankan untuk menyerang Obama. Sebenarnya McCain tidak suka dengan cara itu, tetapi ia harus melakukannya. Lama kelamaan ia mulai gerah dengan caranya tersebut yang tidak sesuai dengan keinginannya. 

Dari filim ini kita dapat belajar tentang penting nya konsultasi, karena konsultasi ini adalah pertukaran pikiran untuk mendapatkan ide - ide ataupun mendapatkan jalan keluar dalam menghadapi situasi seperti diatas. 

Disini kita dapat melihat bahwa steve banyak memberikan saran dan masukan kepada mccain tentang apa a- apa saja yang di perlukan mccain dan langkah apa yang harus di ambil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline