Lihat ke Halaman Asli

Obyek Wisata Yogyakarta

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar, salah satu diantaranya adalah wisata Kota Yogyakarta. Berbagai macam tempat-tempat  wisata menjadi tujuan bagi para wisatawan baik luar negeri maupun dalam negeri. Karena selain didasari oleh rasa keingintahuan terhadap suasana Kota Jogja yang mempunyai ciri khas adat Jawa, juga karena ada prestise tersendiri jika seseorang sudah pernah menyaksikan secara langsung suasana yang tidak dapat ditemukan di kota-kota lainnya.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menyandang predikat sebagai kota budaya, kota perjuangan, kota pendidikan, dan kota wisata. Sebagai kota budaya, Yogyakarta adalah kota tua yang relative terjaga kelestarian budayanya. Sampai saat ini dan tidak berlebihan jika yogyakarta dikatakan pusat kebudayaan khususnya kebudayaan jawa sehingga banyak ditemukan peninggalan sejarah massa lampau yang memiliki nilai wisata.

Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali. Berbagai jenis obyek wisata dikembangkan di wilayah ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata belanja, bahkan yang terbaru wisata malam. Wisata belanja yang dari dulu dan sampai sekarang ini selalu diminati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah wisata belanja di kawasan Malioboro.

Yogyakarta merupakan tempat tradisi dan dinamika modern berjalan berdampingan. Kota Yogyakarta memiliki kraton dengan ratusan abdi dalem yang setia menjalankan tradisi, Yogyakarta mempunyai pasar tradisional dan barang kerajinan, yaitu pasar seni Gabusan dan pasar seni dan kerajinan. Di ujung utara Yogyakarta, Anda akan melihat Gunung Merapi berdiri dengan gagah setinggi 2738 kaki. Gunung ini adalah salah satu dari gunung berapi yang paling aktif di Indonesia.

Di bagian selatan Yogyakarta, Anda akan menemukan banyak pantai. Pantai yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis, namun Yogyakarta juga memiliki pantai-pantai alami yang indah memiliki pasir putih di Gunung Kidul yaitu Pantai Siung, Pantai Sundak, Pantai Baron dan pantai-pantai lainnya.

Candi Borobudur dan Candi Prambanan menjadi obyek wisata yang masih disukai oleh para wisatawan. Borobudur salah satu 7 ke ajaiban dunia yang dimiliki oleh Indonesia, candi ini yang menarik minat wisatawan untuk mengunjungi dan ke ingin tahuan candi yang memiliki umur ribuan tahun. Tidak kalah dengan Borobudur, Prambanan merupakan tempat favorit para wisatawan untung berkunjung kesana. Candi yang terletak di sebelah timur kota Yogyakarta ini, mamiliki panorama yang indah bagi para wisatawan.

Kombinasi yang unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradisi, budaya, dan kekuatan alam menjadikan Yogyakarta sangat layak untuk dikunjungi. Sehingga Yogyakarta dijadikan kota para wisatawan yang memiliki berbagai macam tempat wisata yang siap dikunjungi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline