Lihat ke Halaman Asli

Jajang Gunawan

Create your Great Life!

Fenomena Bahasa Gaul Selebgram Saat Endorse!

Diperbarui: 10 Juli 2021   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rachel Vennya, Keanu Angelo, Nagita Slavina (Sumber : Instagram @keanuagl)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata endorse kan?. Endorsement atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan endorse, yaitu suatu kegiatan mendukung atau mensupport akan sesuatu hal. Yang mana biasanya kegiatan meng- endorse tersebut dilakukan oleh para selebgram-selebgram seperti keanuagl, rachelvennya, daraarafah, fadiljaidi, raffinagita1717, dll yang memiliki akun instagram dengan jutaan followers. Kegiatan endorse tersebut bertujuan untuk membantu dalam memasarkan produk-produk dari client yang meng-endorse nya. Terkini, dapat dikatakan bahwa kegiatan meng- endorse sudah menjadi salah satu tambahan profesi bagi sebagian orang, khusunya kaum millenial. Tidak main-main, keuntungan yang bisa di dapatkan oleh para selebgram pun dinilai cukup fantastis, bahkan bisa hingga milyaran rupiah. Mereka dapat meraup pundi-pundi uang hanya dengan mengupload video endorse nya tersebut pada story atau feed instagram mereka.

Keanu Angelo, Dara Arafah, Fadil Jaidi (Sumber : Instagram @fadiljaidi)

Apabila kita perhatikan, ternyata ada beberapa bahasa unik yang digunakan oleh para selebgram ketika mereka meng- endorse suatu produk lhoo. Yaitu seperti : Seenak itu!, Mo Meninggal, Jujur Enak parah!, Mo Nangis dan lain sebagainya yang mana memang bahasa tersebut dapat dikatakan sebagai bahasa persuasif sebagai cara untuk mempengaruhi dan menarik minat para followers mereka. Terkesan lebay sebetulnya, namun disanalah sisi unik para selebgram ketika meng- endorse suatu produk dari client.

Entah darimana bahasa tersebut tiba-tiba bisa menjamur dikalangan para selebgram di Indonesia, namun sepertinya hal tersebut hasil adaptasi sesuai dengan gaya berbahasa yang dipakai oleh anak-anak millenial jaman sekarang, yang memang terkesan lebay dan sering mencampur adukan bahasa inggris dengan pada bahasa sehari-hari. Seperti " At least gue kan emang udah effort banget gitooh.., which is lu tau gaksii gua kemaren fyp tiktok.." dan lain sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline