Lihat ke Halaman Asli

gunawan aribowo

fasilitator

Meracik Jampi-jampi Pemberdayaan

Diperbarui: 6 Maret 2022   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KOMPASIANA_G. aribowo ,Kemuliaan masyarakat Desa merupakan kombinasi antara komponen hidup, penghidupan dan kehidupan yang diolah secara harmoni dengan mengedepankan kearifan lokal.

Adalah pembangunan berkelanjutan. Ungkapan sederhana, lazim dilafalkan  dan menjadi prolog di setiap babak kegiatan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat Desa.

Perlu kiranya menjadi catatan bersama, bahwa laju pembangunan tidak hanya ditentukan oleh besarnya serapan anggaran sebagai takaran sebuah hasil, namun kemanfaatan  jangka panjang sebagai dampak dari kegiatan menjadi wajib  diberikan  porsi yang sama guna memperoleh  kajian dan analisa program.

Kajian yang dimaksud dinamai kondisi dan iklim(climate), karena keduanya selalu menyertai rangkaian strategi sebuah program.

Agar memperoleh kondisi yang tangguh, peran masyarakat menjadi hal tidak terpisahkan .Adalah lahirnya daya tanggap,daya tangkap berupa kesadaran untuk memanfaatkan,menjaga,tanpa harus menunggu perintah di tiap -tiap kanal pembangunan.

Oleh karenanya, akuntabilitas sosial menjadi  diantara pilihan bagi pembuat kebijakan agar keterpaduan, kesinambungan gerak antara masyarakat, Pemerintah berjalan terukur ,terencana dan berdaya guna. Dengan demikian maka kekuatan sosial,sdm,sda dan aset serta finansial kokoh mendaratkan kemuliaan dimuka bumi ini(gunawan aribowo)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline