Lihat ke Halaman Asli

Guna Reksoko

Mahasiswa

Pentingnya Adab dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 3 Maret 2023   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Islam telah mengajarkan kepada kita banyak sekali amalan-amalan yang membawa kita menuju kebahagiaan,dan kebahagiaan itu  tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Maka beruntung lah bagi Ummat Islam untuk mengerjakan amalan-amalan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Tapi tahu kah kamu bahwasanya semakin besar amalan yang kita kerjakan untuk mencapai kebahagiaan maka semakin besar juga rintangan yang kita hadapi, maka dari itu apabila kita ingin sentiasa mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan suatu amalan maka kita juga harus memperhatikan yang namanya adab karena dengan adab lah kita akan merasakan manis nya kehidupan, apalagi dengan adanya adab kita bisa untuk mendapatkan kan keberkahan di setiap yang kita kerjakan.

Adab secara bahasa artinya menerapkan akhlak yang mulia. Dalam Fathul Bari, Ibnu Hajar menyebutkan:

Artinya:" Adab artinya menerapkan segala yang di puji oleh orang, baik dalam sebuah perkataan maupun perbuatan. Sebagian ulama' mendefinisikan, adab adalah menerapkan akhlak-akhlak yang mulia "
Seorang yang beradab merupakan amalan yang dikerjakan bisa diterima oleh Allah dan mendapatkan keberkahan. Sebagian salaf mengatakan:

Artinya:"Adab dalam amalan tanda di terimanya amalan" (Nudhratun Na'im fi Makarimi Akhlaqir Rasul Al Karim , 2/169).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline