Lihat ke Halaman Asli

Gunang Andreas

SMA Negeri 3 Sekadau Hulu

Tantangan Guru di Pedalaman pada Masa Digitalisasi

Diperbarui: 19 Oktober 2024   13:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mencari Informasi di Perpustakan dan Internet

Tantangan Guru di Pedalaman pada Masa Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan. Namun, bagi saya seorang guru yang mengajar di daerah pedalaman, proses digitalisasi menghadirkan tantangan yang lebih kompleks dan unik. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai tantangan yang dihadapi oleh saya sebagai guru di pedalaman dalam menghadapi era digital.

1. Akses Terbatas terhadap Teknologi

Salah satu tantangan utama adalah kurangnya akses terhadap perangkat teknologi. Banyak sekolah di pedalaman tidak memiliki cukup komputer, tablet, atau smartphone yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Selain itu, biaya untuk membeli perangkat ini seringkali menjadi beban tambahan bagi sekolah dan orang tua. Keterbatasan ini mengakibatkan siswa tidak dapat belajar menggunakan teknologi yang seharusnya menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Sekolah yang berada dipedalaman dengan rata-rata siswa yang minim, secara otomatis dengan anggaran BOSP yang rendah juga kerena anggaran sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa, sehingga kemampuan sekolah dalam pengadaan sarana prasarana, dalam hal ini berupa komputer dan sejenisnya juga terbatas.

2. Koneksi Internet yang Lemah

Di banyak daerah pedalaman, koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan tidak ada menjadi hambatan signifikan. Tanpa akses internet, guru dan siswa tidak dapat menggunakan platform pembelajaran online, mengakses materi pembelajaran digital, atau berkolaborasi dengan siswa dari daerah lain. Hal ini juga menghambat penelitian dan pengembangan profesional guru, karena mereka tidak dapat mengakses sumber daya atau pelatihan daring.

3. Kurangnya Pelatihan

Banyak guru di pedalaman yang belum mendapatkan pelatihan yang memadai tentang penggunaan teknologi pendidikan. Tanpa pelatihan, mereka seringkali tidak mengetahui cara memanfaatkan alat digital secara efektif dalam pengajaran. Hal ini dapat mengakibatkan kesenjangan dalam pembelajaran, di mana siswa tidak mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.

4. Keterbatasan Sumber Daya

Sekolah-sekolah di daerah pedalaman umumnya mengalami kekurangan sumber daya. Tidak hanya dalam hal perangkat teknologi, tetapi juga materi ajar seperti buku, alat peraga, dan sumber belajar lainnya. Dalam konteks digital, keterbatasan ini diperparah dengan kurangnya akses terhadap materi pembelajaran online yang berkualitas. Tanpa sumber daya yang cukup, guru kesulitan untuk memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dan menarik.

5. Resistensi terhadap Perubahan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline