Lihat ke Halaman Asli

Gunawan

TERVERIFIKASI

Dosen

Inspirasi Dani, Pemuda Difabel yang Jago Standup

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14268241041135397482

[caption id="attachment_404187" align="aligncenter" width="636" caption="Aditya Dani finalis SUCI 5 (Screenshoot: Youtube/Kompas.TV"][/caption]

Setiap Kamis malam pukul 22.00 wib saya selalu mengikuti tayangan Standup Comedy di Kompas TV. Sejak mulai audisi SUCI 5 sampai tadi malam show yang ke-2. Ada yang tidak biasa dari SUCI 5 kali ini. Ada seorang finalis yang duduk di kursi roda yang bernama Aditya Dani.

Sejak mengikuti penampilan Dani banyak inspirasi dan pelajaran yang bisa diambil dari sosok seorang Dani. Walau keterbatasan dirinya yang hanya bisa duduk di kursi roda dan selalu didorong oleh teman setianya tapi Dani tetap PD tampil di panggung SUCI 5 dengan lawakan cerdas dan sangat tak terduga mengocok perut tawa para penontonnya.

Kemarin malam adalah penampilan Dani yang terbaik sehingga menurut penilaian juri yang terdiri dari Raditya Dika, Om Indro Warkop dan Feni Rose, Dani mendapat nilai tertinggi. Dari awal penampilannya memang sangat memukau dengan candaan yang menceritakan keterbatasannya bukan untuk mendapatkan rasa simpati tapi mengundang tawa tulus penonton bukan berlandas rasa kasihan. Tapi memang Dani bisa membawakan materinya dengan penuh kejutan.

Penonton selalu terbahak dengan riuh saat Dani menyanyi, "jatuh bangun aku jatuh lagi,  karena aku tak bisa berdiri." Hahaha, siapa yang gak terbahak-bahak coba. Belum lagi saat dia menceritakan mau nonton konser dangdut dan sudah disambut oleh tim medis karena dikira sudah lemas duluan.

Juga kritikan untuk konser dangdut yang terkesan erotis tak pelak dari candaan Dani yang mengatakan,"memang anak cacat gak boleh nafsu (saat nonton dangdut)".  Eh ternyata Dani bukan nonton konser dangdut penyanyi cewek yang seksi rupanya dia nonton konser Agung Hercules yang nyanyi "gak goyang barbel melayang". Hahaha.

Dani walau cacat, menginspirasi kita-kita yang masih normal untuk tetap berkarya. Dani tak malu dan berkecil hati dengan kecacatannya, bahkan tak ingin dikasihani. Sebagai orang yang normal sepertinya kita tak melulu menilai bahwa orang yang cacat itu tak punya bakat. Dani sudah membuktikannya walau dia cacat tapi jago standup.

Salam kompor gas buat Aditya Dani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline