Lihat ke Halaman Asli

Gunawan

TERVERIFIKASI

Dosen

Agar Lancar Hangout-an Saat Tampil di Kompasiana TV

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="" align="aligncenter" width="576" caption="Shooting Acara Kompasiana TV di Kompas TV"][/caption]

Saya selalu mengikuti acara yang istimewa bagi saya sebagai seorang Kompasianer. Mengapa istimewa, karena sebagai seorang blogger yang jauh dari ibukota Jakarta bisa juga tampil menjadi nara sumber di TV nasional sekelas Kompas TV.

Ya Kompasiana telah merambah media televisi dan mengudara melalui Kompas TV di prime time pada pukul 18.00- 20.00 wib dalam tajuk acara Kompasana TV. Sungguh suatu kehormatan bagi para Kompasianer yang bisa mengikuti dan berpartisipasi melalui aplikasi Google Hangout.

Namun sayangnya saat acara berlangsung ada saja kenala teknis yang terjadi. Misalnya gambar dan suara yang terputus-putus atau suara yang tidak jelas. Hal ini tentunya sangat tidak nyaman terutama untuk si kompasianer yang sedang ikut Hangout-an bahkan bagi para penonton juga merasakan kecewa karena tak bisa menonton dengan jelas gambar dan suara para Kompasianer yang ikutan tampil di acara itu.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lancar atau tidaknya saat kita melakukan Hangout-an. Selain koneksi internet yang harus stabil ada beberapa faktor lagi yang harus diperhatikan bagi peserta yang ingn tampil lancar saat hangout-an.  Faktor-faktor itu memang terlalu teknis namun mau tak mau peserta harus melengkapi perangkatnya agar bisa lancar jaya saat Hangout-an saat nanti diundang di Kompasiana TV.

Berikut ini faktor teknis yang mempengaruhi kelancaran saat menggunakan aplikasi Google Hang-Out :

Persyaratan Minimum Prosesor:

  • Semua prosesor dual core 2 GHz atau lebih tinggi.
  • Memory RAM Minimal 2 GB (Saya merekomendasikan 4 GB).

Bandwidth

  • Untuk sambungan dua arah, sebaiknya gunakan 1 mbps/1 mbps (upload/download)
  • Untuk konektivitas video grup, sebaiknya gunakan 1 mbps/2 mbps (mengunggah/mengundu)

Software dan persyaratan lain

  • Pastikan Anda memiliki perangkat lunak terbaru untuk kamera web.
  • Untuk mendapatkan kualitas video terbaik, posisikan sumber cahaya di belakang kamera sehingga Anda memiliki penerangan yang cukup. Kamera web tidak berfungsi dengan baik dalam pencahayaan yang rendah.
  • Sambungkan headset. Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik saat melakukan panggilan, sebaiknya gunakan headset dengan mikrofon bawaan.

Nah, dari beberapa persyaratan diatas yang juga sangat menentukan kelancaran saat hangout-an adalah memory atau RAM yang terpasang di laptop anda. Saya merekomendasikan menggunakan memory RAM 4 GB. Apalagi jika anda menggunakan sistem operasi Windows 8. Hal ini sudah saya buktikan dengan membandingkan saat saya menggunakan laptop dengan memory RAM yang hanya 2 GB dan laptop satu lagi dengan memory RAM 4 GB mendapatkan hasil yang terbaik saat menggunakan laptop yang memakai RAM 4 GB. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para Kompasianer yang akan tampil di Kompasiana TV melalui aplikasi Google Hangout. Salam Kompasiana.

Referensi: - Persyaratan Google Hangut di Komputer - Cara Menguji Kecepatan Internet Sumber gambar:  di sini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline