Lihat ke Halaman Asli

Gunawan

TERVERIFIKASI

Dosen

Jangan Buru-buru Install Ulang Windows 7

Diperbarui: 4 April 2017   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13966114461951157042

[caption id="attachment_330066" align="aligncenter" width="604" caption="Windows-7 Property (screnshoot: doc.pribadi)"][/caption]

Walau Windows 8 sudah lama diluncurkan namun saya masih setia pakai Win 7. Bukannya gak mau beralih ke Win 8, tapi karena netbook  milik saya masih jadul dan tak mendukung untuk diinstall Win 8. Jadi mau gak mau ya tetep dech pakai Win 7.

Sejak saya beli netbook ini, saya belum pernah melakukan install ulang. Maklum cara install juga harus pakai booting dari Flashdisk karena netbook ini gak memiliki DVD Room. Makanya kalau mau install ulang harus dibuatkan khusus di Flashdisk seperti artikel lama saya di sini.

Baru-baru ini Win 7 saya bermasalah. Kalau booting atau pertama kali dihidupkan lama sekali baru tampil windows dan menu-menunya. Wah gawat ini mungkin systemnya sudah terkena virus. Kalau mengalami kasus ini dan dibawa ke servis pasti disarankan untuk install ulang.

Ternyata tak perlu buru-buru install ulang masalah bisa diatasi. Dan alhamdulillah Win 7 di netbook saya sudah lancar kembali. Caranya sebenarnya cukup simpel bagi yang sudah pernah dan mengetahui cara yang saya lakukan ini.

Berikut ini rahasianya bagi yang belum tahu bisa mencobanya jika Win 7 anda bermasalah dan mengalami lelet seperti punya saya.

Langkah Pertama

Jika gagal booting normal, maka booting dengan masuk ke menu safe mode.Kemudian setelah berhasil di safe mode barulah restart kembali ke mode normal.

Langkah kedua

Saat berhasil booting di mode normal, pindahkan semua file yang ada di mydocument ke folder yang ada di drive D. jika tak ada drive D nya pindahkan ke flashdisk anda. Jika tak ada juga buat folder baru di C dengan nama folder DATA dan pindahkan file-file dikumen penting anda disana

Langkah ketiga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline