Lihat ke Halaman Asli

Gunawan Karyawanto

Mahasiswa yang gemar menulis

Mahasiswa UNS Melakukan KKN Covid 19 di Desa Menuran

Diperbarui: 6 Oktober 2020   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KKN Covid UNS 2020 - Pada tanggal 15 Mei 2020 UNS secara resmi melakukan pembekalan kepada mahasiswa KKN Batch 2. Pada kegiatan KKN tersebut mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih tema sesuai kondisi pada saat ini. KKN Covid UNS 2020 berlangsung selama 32 hari yang dimana semua mahasiswa yang berpartisaipasi harus membuat logbook harian untuk sebagai catatan keseharian berlangsungnya KKN.

Salah satunya adalah mahasiswa asal Desa Klodangan RT 2 RW 3 Menuran, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Mahasiswa tersebut bernama Gunawan Karyawanto yang berasal dari Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017. Gunawan mengambil tema besar Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid 19 maksud dari tema tersebut adalah melakukan edukasi dan sosialisai kepada masyarakat tentang apa itu virus corona, bagaimana cara pencegahannya dan lain sebagainya.

Pada tema tersebut Gunawan membaginya menjadi beberapa kegiatan atau Program Kerja (Proker) yang dijadikannya sebagai kegiatan KKN itu. Kegiatan tersebut antara lain :

1. Memberikan edukasi seputar apa itu Covid 19
2. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi
3. Sosialisai cara pembuatan masker (dikemas melalui video tutorial)
4. Membagikan tanaman obat - obatan serta memberikan edukasi apa manfaat tanaman obat - obatan dan bagaimana cara merawatnya.
5. Melakukan sosialiasi bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat.

Ada 5 program kerja yang di laksanakan, alhamdulillahnya dari kegiatan tersebut berjalan dengan sempurna karena faktor dukungan yang kuat oleh orang tua, ketua RT dan para warga (ujarnya).

Dalam program kerja tersebut Gunawan mampu membuat tempat cuci tangan antara lain di WC umum ,  masjid dan di lingkungan sekitarnya. Selain itu dia juga membuat disinfektan dan cara penggunaan disinfektan. Dia juga membuat proker menanam tanaman obat - obatan, tujuannya agar bisa bertemu dengan warga langsung untuk memberikan tanaman tersebut serta dapat mengedukasi mengenai manfaat dan cara merawat dari tanaman obat - obatan. Semua prokee disajikan dan dikemas dalam bentuk video yang telah diupload di Akun Instagram dan Chanel Youtubenya.

Menurut Gunawan hal yang paling berkesan dalam mengerjakan prokernya adalah ketika dia mampu membuat tutorial cara pembuatan masker tanpa menggunkan mesin jahit. Karena di desanya orang jarang sekali mempunyai mesin jahit. Gunawan hanya bermodalkan jarum, benang, tali dan kain saja sudah bisa  membuat masker.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline