Lihat ke Halaman Asli

Gumilar Rizki

pelajar-SMA Daarut Tauhid Boording School Bandung

Mengenali dan Mengatasi Berbagai Bentuk Bullying: Dampak dan Tindakan yang Perlu Dilakukan

Diperbarui: 9 September 2023   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zaman sekarang adalah zaman yang berbeda dari orang tua kita. zaman yang penuh dengan berbagai macam pergaulan baik positif maupun negatif, Perjuangan kita berbeda dari nenek moyang kita, bukan lagi dengan para penjajah tapi dengan bangsa sendiri. Bergaulah dengan teman yang membawa kepada hal yang positif seperti yang dikatakan oleh K.H abdullah gymnastiar, jangan pernah mengabaikan dengan siapa kita berteman kerena teman menentukan baik buruknya prilaku kita.

Kata Perudungan atau yang kita kenal sebagai Bullying sudah tidak asing di telinga kita bullying merupakan suatu tindakan personal maupun kelompok yang dilakukan secara sengaja seperti menyakiti atau memperdaya secara terus-menerus orang yang lebih lemah darinya, dengan maksud untuk mendapatkan pengaruh atau kuasa. Dalam peneliatian Soesetio (2005) mendefinisikan school bullying sebagai perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seorang atau sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan terhadap siswa/siswi lain yang lebih lemah, dengan tujuan mengintimidasi orang tersebut.

Bully juga memiliki beberapa kategori sebagai berikut:

1. Bullying secara fisik

 

            Bullying fisik adalah jenis perundungan yang paling mudah dikenali karena pelakunya menggunakan tindakan fisik yang jelas ketika merundung seseorang.Seperti tindakan mendorong, menyandung kaki dengan sengaja, meludahi hingga memukul. Beberapa reaksinya tidak cuma tanda yang muncul akibat perlakuan tersebut. Namun, juga berdampak pada kondisi mentalnya.Ada sejumlah tanda-tanda anak atau remaja yang mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari teman sebaya, salah satunya mereka jadi enggan pergi ke sekolah.

2. Bullying verbal

Perundungan verbal cenderung sulit dikenali karena biasanya hal itu terjadi ketika orang dewasa tidak ada di tempat kejadian.Pelaku bully biasanya akan melakukan penindasan seperti mengolok-olok, menggoda, memanggil nama dengan sebutan yang tidak pantas, menghina serta mengintimidasi korbannya.

 

 

3. Bullying relasional

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline