Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali perusahaan perusahan dengan konsep Start Up yang menjadi incaran generasi2 milenial untuk memulai pengalaman di dunia kerja mereka. hal ini tidak lepas dari Konsep Desain Kerja yang ditawarkan perusahaan-perusahaan itu yang out of the box atau berbeda dengan perusahaan formal lainnya.
Sesuai prinsipnya semua perusahaan baik itu perusahaan swasta ataupun perusahaan lainnya, memiliki harapan agar mereka dapat mencapai tingkat Produktivitas yang tinggi dalam bidang pekerjaannya. Setiap Organisasi atau perusahaan memiliki beberapa cara sendiri untuk dapat meningkatkan produktivitas. beberapa faktor yang dapat meningkatkan Produktivitas Kerja antara lain:
1. Sikap mental (disiplin dan etika) kerja yang harus dijaga
2. Dasar Pendidikan
3. Keterampilan
4. Memiliki Jiwa Manajemen yang tinggi
Banyak perusahaan yang telah melakukan usaha untuk meningkatkan produktivitas pekerjanya, namun dalam prakteknya banyak permasalahan yang timbul seperti masih banyak pekerja/tenaga kerja yang bekerja dengan semaunya, datang terlambat (tidak disiplin). apa alasan yang mendasari tiap perusahaan atau organisasi berusaha/berupaya untuk meningkatkan produktivitas pekerjanya? karena peningkatan produktivitas yang tinggi secara menyeluruh akan menunjukkan potensi pengadaan barang atau potensi menghasilkan produksi barang atau jasa dalam jumlah yang besar bagi para pekerja, hal ini akan berbanding lurus dengan meningkatkan pendapatan pekerja dan yang juga berarti bahwa hal itu dapat meningkatkan daya beli masyarakat akan barang dan jasa.
Untuk pengertian Desain Kerja/Desain Pekerjaan itu sendiri ialah: rincian tugas atau pekerjaan dan cara pelaksanaan tugas atau kegiatan yang mencakup siapa saja yang melakukan pekerjaan tersebut, bagaimana tugas/pekerjaan itu dilakukan dan bagaimana hasil yang di dapat dari tugas/pekerjaan tersebut. pertanyaan berikutnya ialah bagaimana kah cara membuat desain pekerjaan agar tujuan organisasi/perusahaan itu bisa terwujud? proses dalam mendesain pekerjaan ialah sebagai berikut:
1. Melakukan pemeriksaan Pekerja mana yang kelebihan pekerjaan nya.
2. Melakukan pemeriksaan Pekerjaan yang sedang dibuat.
3. Memastikan untuk tidak mengulang-ulang pekerjaan yang sama.