Tidak bisa dipungkiri pada tahun 2019 - tahun 2022 merupakan tahun yang "Istimewa" untuk kita semua, dimana pada tahun itu kita merasakan suasana, kondisi lingkungan yang jauh berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Adanya Wabah Virus Corona merubah semua kebiasaan kita, hingga akhirnya ada istilah " New Normal ".
Wabah Pandemi bukan hanya mempengaruhi kehidupan sosial dari Masyarakat, tp di Bidang Ekonomi pun mengalami perubahan yang luar biasa hebatnya. Banyak perusahaan-perusahaan yang akhirnya gulung tikar ataupun melakukan PHK Massal akibat dari dampak wabah virus corona. Berkaca Pada keadaan saat ini, sudah saat nya para pelaku usaha bisnis baik skala besar ataupun skala micro harus memiliki strategi untuk dapat bertahan di era pandemi saat ini.
Berikut Strategi Manajemen yang dapat dilakukan agar bidang usaha mereka bisa bertahan di era pandemi, salah satunya ialah:
1. Perusahaan Harus Bisa Berevolusi, maksud disini adalah perubahan yang dilakukan setelah melakukan evaluasi hal-hal apa saja yang harus dihilangkan atau dilakukan efisiensi, menganalisa mana kebutuhan yang sangat mendesak untuk dibeli dan mana hal atau kebutuhan yang bisa ditunda untuk menunggu keadaan kembali membaik.
2. Pemilik perusahaan harus dapat menjadi pribadi yang memiliki Jiwa Kreatif dan Visioner, maksudnya dalam hal ini Para pemilik perusahaan/ pemilik usaha dapat kreatif dengan mampu mengambil peluang sekecil apapun dari setiap kesempatan yang ada. Pemimpin yang Visioner dalam kaitannya dengan bertahan di era pandemi ialah pemimpin yang memiliki kemampuan untuk melihat jauh ke depan, sehingga tidak terus larut dalam masa sulit di era pandemi.
Perusahaan/bidang usaha yang mampu berevolusi ataupun beradaptasi di era pandemi saat ini, memungkinkan mereka dapat bertahan dan tidak terus larut dalam masa sulit di era pandemi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H