Lihat ke Halaman Asli

Rush Money dan Dampak terhadap Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 10 Desember 2016   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

  • Latar Belakang

Beberapa bulan ini berita mengenai isu Rush Money Menjadi topik sebauh pembiacaran dan membuat banyak perhatian di kalangan masyarakat.  Rush money adalah suatu tindakan bersama sama dari tabungan Nasabah masig masing, dengan Jumlah yang besar, namun ada juga yang berada di Bank dan dihabiskan secara langsung dan tanpa ada sisa saldo lagi di tabungannya tersebut. berita tentang penarikan uang secara besar besaran (RUSH MONEY) ini tersebar di berbagai media masa , mulai berita, media sosial  yang terdengar belakangan ini pada 4 November 2016 . namun di indonesia kegiatan penarikan uang secara besar besaran ini adalah bertujuan untuk mengguncang ekonomi dari dalam negri . ini bertujuan untuk menjadi sebuah motif lantaran kekecewaan terhadap pemerintahan tersebut . namun tidak hanya itu bisa jadi akibat sejumlah pihak Luar negri (Pihak Asing) yang sengaja memprofokatori untuk menghancurkan sebuah kesetabilan ekonomi di suatu negara. Maka dari itulah Rush Money yang dapat merusak tatanan masyarakat yang ada di indonesia.  Apabila Kasus Rush Money Ini terjadi di indonesia , maka dampak yang akan dialami indonesia sama dengan yang terjadi di tahun 1998, yang dimana

  Akibat dari penarikan uang ini sangatlah besar antara lain :

  • Akibat dari aksi penarikan uang ini akan mengakibatkan kekacauan di sistem perbankan.  Yang dimana bank akan kekurangan stok uang .
  • Yaitu dampak keresahan masyarakat , dengan munculnya kekacauan perekonomian maka akan menurunnya kepercayaan terhadap Pemerintah Indonesia , yang utamanya adalah bank Indonesia.
  • Masalah Politik, diamna dengan adanya gerakan aksi penarikan uang tersebut para pendukung pemerintah menarik dukungan pemerintah yang sah.

  • Penyebab Rush Money

Namun dari beberapa penjelasan di atas , penyebab Rush Money ada beberapa Hal yang terjadi di indinonesia. Berikut hal hal yang menyebabkan Rush Money di Indoneisa 

  • Berita kebohongan (HOAX) yang disebarkan oleh orang , maupun oknum yang tidak bertanggung jawab mengenai berita tentang penarikan uang secara besar besaran. 
  • Profokasi dari pihak asing yang dapat mempengaruhi untuk menarik uangnya secara besar besaran.
  •  Demo secara besar besaran yang dilakukan masyarakat yang dapat mempengaruhi perekonomian , seperti halnya tragedi 1998. Maka dari itulah kita sebagai masyarakat harus mewaspadai info berita yang mengenai isu Rush Money yang terjadi di indonesia .
  • Pengaruh Terhadap Ekonomi Indonesia

Pengaruh dari terjadinya Rush Money ini adalah sangat besar, tidak dapat dipandang sepele apabila hal hal itu terjadi, berikut pengaruh Rush Money terhadap Indonesia antara lain :

  • Krisis keuangan Mlanda Bank Indonesia , dan terpaksa membuat sebuah kebijakan untuk mata uang rupuah terhadap nilai tukar valuta asing.
  • Berpengaruhnya harga saham yang sudah terdaftar di Pasar Modal yang ada di Negara Indonesia.
  • Banyaknya Bank Bank tutup akibat dari Rush Money ini , dan Pemerintah indonesia akan membuat kebijakan seperti penjaminan simpanan untuk semua nasabah , khususnya masyarakat indonesia.
  • Pandangan Makro Islam mengenai Rush Money

Apabila tindakan Rush Money ini dilakukan maka agama islam pastinya tidak memperbolehkan tindakan tersebut . alasan kenapa tindakan ini tidak mecerminkan perilaku agama islam , yaitu keadilan. Transparansi hukum juga harus wajib dan diberlakukan   karena untuk mengantisipasi kericuhan dan keresahan di kalangan masyarakat. Fakta tentang perbankan bahwa sistem konvensional lebih labil dibandingkan dengan sistem syariah, , Rush Money ini juga dapat merusak tatanan keuangan sebuah negara dan bisa membuat msyarakat mengalami terhambatnya di dalam sistem keuangan.

Tidak hanya itu , apabila terjadi Rush Money terhadap masyarakat indonesia yaitu dengan Pertama :tetap tenang , jika terjadi isu Rush Money maka akan mengakibatkan sebuah kepanikan yang ada di kalangan masyarkat. Kedua : tetap melihat dan share mengenai berita, info yang  mengenai rush money, alasan mengapa info tersebut penting ? agar tidak ada kepanikan di kalangan masyarkat.

  • Kesimpulan

Rush Money adalah suatu tindakan mengambil uang secara besar besaran dengan jumlah banyak, isu rush money yang melanda indonesia terjadi akibat dari masalah demo Penistaan agama yang terjadi 4 November 2016 kemarin. Dan penyebab hal tersebutlah masyarakat menjadi mudah sekali terpengaruh oleh isu Rush Money. Jika terjadi Rush Money inilah bank bank di Indonesia akan tutup dan dapat menyebabkan keresahan di kalangan masyarakat. Dampak lainnya yaitu terganggunya sosial Politik yang membuat pemerintah akan kewalahan mengatasi kasus ini.  Seharusnya masyarakat tidak membuat berita palsu mengeni Rush Money, yang dapat membuat kekacauan di negeri ini.

Dari uraian di atas , dapat diketahui bahwa gejolah pada negara dapat menimbulkan permasalahan yang ada di masyarkat, seperti demo , profokasi dsb. Namun sikap yang sabar dan mau menerima info yang harus di terima dan diolah oleh pikiran rakyat tersebut agar tidak terjadi kekacauan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline