Lihat ke Halaman Asli

Tips SNMPTN (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Diperbarui: 24 November 2015   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

TIPS SNMPTN

-Berdasarkan Pada Pengalaman Pribadi-

Halo teman-teman calon penerus peradaban bangsa. Bagaimana persiapan perkuliahannya? Sudah menemukan pilihan yang tepat? Atau masih biasa-biasa aja, toh masih cukup lama kok menuju kuliahnya.  Atau masih fokus pada UN aja? Well, teman-teman sebenarnya harus udah mulai prepare untuk kegiatan perkuliahan nanti, lho. 

Tips ini berkaitan dengan masuk perguruan tinggi lewat jalur raport atau biasa dikenal dengan SNMPTN. Tanpa panjang lebar, ini saya kasih tips yang mudah-mudahan bisa memberi manfaat pada saat SNMPTN nanti yaa. 

1. Nilai itu harus sebesar apa sih biar bisa lolos SNMPTN? 

      Tak ada yang tahu pasti nilai yang dibutuhkan buat lolos suatu perguruan tinggi itu harus minimal berapa. Karena saya sendiri kurang yakin dengan penilaian SNMPTN itu sendiri. Yang jelas, teman-teman tidak usah panik kalau nilainya naik turun gunung karena gurunya yang pelit nilai tapi pengen banget anak-anaknya lolos SNMPTN.  Haha. Kidding okay. 

          Lanjutttttt. Pernah ngebayangin gak saingan kamu itu bukan cuma satu sekolahan doang. Ada ratusan ribu orang yang juga ikut SNMPTN tiap tahunnya. Atau dimisalkan aja satu anak berbanding dengan 100 anak lain dalam program studi yang sama. Artinya dengan nilai yang kamu punya, entah itu di atas 90 semua atau cuma KKM, kamu harus memperebutkan satu kursi dari incaran 100 anak lainnya. 

          Walah gimana coba tuh? Dan akan percuma juga sepinter-pinternya kamu di sekolah. Even, kamu jadi juara umum sekali pun di sekolah. Belum tentu loh kamu masuk universitas yang kamu inginkan. 

          Jadi gimana dong? Yang terpenting kamu percaya diri DAN NGACA nilai kamu itu mampu bersaing di univ mana? golongan apa? peringkatnya apa? jangan terlalu berangan tinggi kalau pada realitanya pendukung angan kamu itu gak ada. Walaupun perlu digarisbawahi bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama. Kalau pun teman-teman tetep keukeuh dengan pilihan yang sudah ada, teman-teman harus banyak berdoa dan bisa ikhlas kalau nantinya teman-teman kedepak sama orang lain. 

           Intinya, teman-teman tidak perlu khawatir tentang nilai. Karena nilai itu tidak 100 persen penentu masuk suatu perguruan tinggi. Tetap optimis dan percaya diri walaupun nilai teman-teman cuma satu digit di atas KKM, atau nilai eksaktanya mendung, tidak secerah mapel sejarahnya, teman-teman tetap harus percaya bahwa Tuhan itu ada dan tidak pernah tidur, setelah itu berserahlah kepada-Nya dan mintalah yang terbaik dari-Nya (jangan maksa). Okay? 

*Catatan : nilai UN tidak berpengaruh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline