Lihat ke Halaman Asli

Gulamin salim

be your self and a better future

Melihat Robo-Robo dari Doa Bersama Tolak Bala di Desa Air Putih

Diperbarui: 6 Oktober 2021   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Rabu 29 shafar 1442 Hijriah atau tepat hari ini 6 oktober 2021. Merupakan hari memanjatkan do’a bersama dalam budaya asli Bugis & Melayu. Acara yang lebih dikenal dengan Robo-robo yang di peringati setiap hari rabu pengujung bulan shafar.  Budaya ini sudah pasti dilaksanakan oleh orang orang suku Bugis & Melayu di Kalimantan Barat.

Untuk meramaikan acara robo-robo masyarakat desa Air Putih juga melaksanakan acara ini. Namun ada keunikan di acara robo robo di desa ini. Yakni antusiasme kegiatan bukan hanya saja orang orang Bugis & melayu, namun juga diikuti oleh masyarkat suku lain seperti Jawa, sunda, Madura, Dayak dan lain lain.

Dokpri

“Keunikan ini terlihat membaur bersama nan mempesona dibawah hantaran do’a doa dengan harapan sejalan menolak segala musibah & celaka yang tersirat dalam lirih tolak bala tertuju pasti kepada Tuhan yang Maha Esa”

Ya, desa ini adalah desa asli transmigrasi asal Jawa, meski suku jawa mayoritas namun asimilasi atau percampuran antar suku dan budaya sangat baik disini. 

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline