Lihat ke Halaman Asli

Kompasianer METTASIK

TERVERIFIKASI

Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Teori Persinyalan, Apakah Relevan dalam Keseharian?

Diperbarui: 11 April 2022   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teori Persinyalan, apakah relevan dalam keseharian? (gambar: moneycontrol.com, diolah pribadi)

Keputusan dalam melakukan tindakan tidak bisa dilakukan sembarangan. Berbagai aspek harus dipertimbangkan agar tidak salah langkah. Dalam dunia investasi saham perlu memahami signalling theory (teori persinyalan).

Teori ini diperkenalkan oleh Michael Spence tahun 1973 berjudul Job Market Signaling. Teori persinyalan dalam bahasa sederhana berupa keputusan yang diambil oleh investor, emiten, atau pemerintah maupun masyarakat.

Dimana keputusan tersebut akan memberikan sinyal pada pasar akan kecenderungan di masa datang. Sebaiknya para investor mempelajari teori ini agar keputusan yang diambil tepat.

Informasi yang dikeluarkan perusahaan merupakan faktor sangat penting. Pengaruhnya adalah terhadap keputusan investasi pihak eksternal perusahaan.

Sinyal ini penting bagi pelaku bisnis dan investor untuk keputusan investasi kedepannya, karena menyajikan keterangan dan gambaran untuk berbagai keadaan di masa lalu maupun masa mendatang.

Informasi yang diperlukan harus lengkap, akurat, dan relevan, agar menjadi alat analisis. Informasi dapat berupa laporan ataupun pengumuman, dengan konsekuensi pasar akan bereaksi positif maupun negatif.

Teori persinyalan dapat mengurangi kesenjangan asimetri informasi antara perusahaan dan pihak eksternal. Untuk itu kejujuran, relevansi, keandalan dalam menyajikan laporan sangat diperlukan.

Dalam hal ini pembukuan sangat diperlukan untuk menyampaikan informasi dengan benar. Sinyal yang baik atau tidak, merupakan informasi penting bagi para investor.

Persinyalan, sebenarnya sangat relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Gambaran sinyal yang disampaikan sangat tergantung kondisi dari diri kita.

Ketika senang, tampak keceriaan, berbeda ketika sedih, tampak kemurungan. Informasi yang diterima pihak luar, akan sangat bergantung dari gambaran diri kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline