Lihat ke Halaman Asli

Kompasianer METTASIK

TERVERIFIKASI

Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Anapanasati: Yang Mana Lebih Dulu, Telur atau Bahagia?

Diperbarui: 8 April 2022   05:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anapanasati, Yang Mana Lebih Dulu, Telur atau Bahagia? (gambar: m.merdeka.com, diolah pribadi)

Rasanya tidak asing di telinga kita. Nasihat yang mengatakan "Bekerja keraslah agar kesuksesan dapat diraih". Ada lagi, pendapat politikus terkenal Colin Power " There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure".

Intinya kerja keras adalah syarat utama untuk mencapai kesuksesan. Kebahagiaan yang menjadi dambaan bersamapun dapat diraih.

Shawn Achor, penulis buku, berbeda pendapat terhadap keyakinan yang ada pada masyarakat.

Melalui bukunya, The Happiness Advantages, beliau berargumen kebahagiaan adalah alat untuk mencapai kesuksesan.Kebahagiaan bukan hasil dari output.

Shawn Achor belajar di Harvard University mendalami psikologi positif. Melalui rangkaian riset yang dilakukan terungkap bahwa urutan pertama yang dimulai dengan kerja keras untuk mencapai kesuksesan , kemudian mendapatkan kebahagiaan merupakan keyakinan yang salah.

Pemahaman salah ini mengurangi nilai dari kebahagiaan itu sendiri.

Urutan baru yang ditawarkan Shawn adalah dari kebahagiaan -- kesuksesan -- meningkatkan kinerja pekerjaan. Kebahagiaan dapat menjadi bahan bakar kesuksesan kita.

Semua orang mendambakan kebahagiaan. Tetapi apa sebenarnya kebahagiaan itu sendiri. Masing-masing orang akan mempunyai pendapat yang berbeda. Menurut kamus Oxford, kebahagiaan adalah suatu keadaan perasaan yang menunjukan kesenangan. Dalam bahasa sederhana bisa disebut pengalaman emosi positif.

Lebih lanjut Anchor menambahkan. Menurut science, kebahagiaan adalah perpaduan emosi positif, tujuan dan arti hidup. Kebahagiaan memicu perubahan kimia pada otak yang memberikan perasaan positif serta membantu kita memproses informasi lebih cepat dan lebih dalam. Kita menjadi lebih baik dalam berpikir, lebih inovatif dan lebih sadar diri. Setiap saat berupaya menciptakan emosi positif agar membantu kita menjadi lebih efisien dan produktif.

Melalui riset psikologi positif, Anchor memberikan tujuh prinsip yang perlu dijalankan untuk membantu orang lebih bahagia dan dapat menemukan kesuksesan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline