Lihat ke Halaman Asli

Bisnis Jual Jaket Kulit dengan Modal Dengkul

Diperbarui: 7 November 2015   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisinis jaket kulit adalah bisnis sepanjang masa dan bukan bisnis musiman. Itulah yang menyebabkan potensi bisnis ini akan terus bertahan sampai waktu yang relative lama. Tapi untuk memulai bisnis jaket kulit ini maka akan terbayang modal yang besar, karena bahan kulit sendiri harganya sudah lumayan, belum lagi jasa penjahit, aksesoris, dan yang tidak kalah menguras uang adalah tempat dan promosi.

Bagaimana jika modal kita sangat terbatas?

Jangan khawatir, berikut akan saya berikan beberapa tips bagaimana memulai bisnis jaket kulit dengan modal kecil.

Anda harus tahu besar Anggaran Yang Anda Punya

Hal pertama yang harus anda tahu adalah besaran anggaran yang anda punya, karena dari sini anda bisa memetakan apa saja yang harus anda lakukan dalam merintis bisnis jaket kulit anda. Jika anda memiliki anggaran yang cukup, maka anda akan sangat leluasa dalam memulainya. Tapi dengan anggaran yang sedikit atau nyaris nol maka apa yang harus anda lakukan?

  • Kerjasama dengan penjual jaket kulit. Dengan melakukan kerjasama dengan penjual jaket kulit maka anda bisa mulai menjalankan bisnis jaket kulit dengan nyaris tanpa modal, syaratnya adalah kepercayaan dari penjual jaket kulit yang anda ajak kerjasama. Sedikit catatan buat anda yang memulai bisnis ini dengan hanya kerjasama system kepercayaan adalah anda harus sangat menjaga kepercayaan yang dikasih, karena jika anda melakukan kecurangan maka bisnis yang anda rintis akan hancur.
  • Menentukan cara pemasaran. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah cara anda memasarkannya. Bisa anda lakukan dengan memanfaatkan koneksi, komunitas, institusi, atau apapun juga yang menurut anda memiliki potensi untuk menjual jaket kulit, misalkan bisa saja dengan mendekati komunitas tukang ojek, atau arisan ibu-ibu. Think out of the box aja…
  • Manfaatkan Sosial Media. Anda memiliki teman di facebook yang jumlahnya ribuan? Atau akun twiter dengan follower banyak? Manfaatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan komunitas online seperti sosmed. Facebook, twitter, path, linkediln, dan sosmed lainnya adalah komunitas orang yang jumlahnya sangat banyak. Manfaatkanlah itu..
  • Buat Iklan Gratis. Saat ini membuat iklan gratis di internet sangat gampang. Sebut saja OLX, tokopedia, Bukalapak, Blibli, dll yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Yang diperlukan adalah hanya berupa foto produk saja, maka anda sudah bisa jualan.
  • Jika memungkinkan buat website Toko Online. Ini sangat bagus karena anda seperti memiliki toko tapi di media online. Keuntungannya adalah dibutuhkan modal yang sangat kecil, tapi toko anda akan buka 24jam full nonstop dan pengunjungnya bisa dari seluruh dunia.
  • Kerjasama dengan system Dropship dan Reseller. Saat ini banyak toko online yang membuka kesempatan untuk kerjasama secara dropship atau reseller. Keuntungannya adalah anda tidak perlu memiliki barang tetapi anda bisa jualan. Kuncinya adalah bagaimana strategi dan cara pemaaran yang anda lakukan.

Itulah beberapa tips sederhana jika anda ingin mencoba merintis bisnis jaket kulit dengan sedikit modal, dan atau hamper tidak menggunakan modal sama sekali. Yang harus anda sadari adalah walaupun kelihatannya simple tapi diperlukan kesabaran dan konsistensi yang tinggi agar usaha anda bisa berkembang dan menjadi besar. Bisnis yang dirintis dari nol dan menjadi besar akan sangat tahan lama jika dibanding bisnis instan. Itulah keunggulan bisnis yang dirintis secara bertahap dari nol.

 

Selamat Mencoba…

 

Referensi Toko Online dan sosmed:




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline