Lihat ke Halaman Asli

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Menurut Islam

Diperbarui: 2 Desember 2023   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjaga kebersihan mulut merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan gusi dan gigi. Selain itu, mulut yang bersih dapat mencegah masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit gusi, bau mulut, dan infeksi pada mulut. 

Menjaga kebersihan mulut juga termasuk salah satu aspek penting dalam Islam. Islam mendorong umatnya untuk menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh, termasuk menjaga kebersihan mulut.

Rasulullah SAW pernah menganjurkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut yang berbunyi: 

"Sekiranya arahku tidak memberatkan umat mukmin, niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak/ menggosok gigi setiap kali mereka akan mendirikan shalat." (HR. Bukhari dan Muslim).

 Berikut adalah beberapa panduan dalam Islam tentang menjaga kebersihan mulut:

1. Menyikat gigi secara teratur Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk menyikat gigi secara teratur. Beliau sering menyikat gigi menggunakan miswak, yaitu sejenis batang kayu yang digunakan sebagai sikat gigi alami. Menyikat gigi secara teratur membantu membersihkan gigi dari sisa makanan, plak, dan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya.

2. Menggunakan siwak atau sikat gigi Selain menggunakan miswak, umat Muslim juga dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan bersih. Penggunaan siwak atau sikat gigi membantu membersihkan gigi secara menyeluruh dan menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di antara gigi.

3. Menggunakan pasta gigi yang halal Dalam Islam, penting untuk menggunakan pasta gigi yang halal, yaitu yang tidak mengandung bahan-bahan haram atau najis. Pastikan pasta gigi yang digunakan memiliki label halal atau bahan-bahan yang terdaftar sebagai halal.

4. Menggunakan obat kumur yang halal Selain menyikat gigi, penggunaan obat kumur juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut. Pastikan obat kumur yang digunakan juga halal dan tidak mengandung alkohol atau bahan-bahan haram.

5. Menjaga kebersihan lidah

 Selain gigi, menjaga kebersihan lidah juga penting dalam Islam. Rasulullah Muhammad SAW sering membersihkan lidahnya dengan menggunakan miswak atau dengan cara menggosok lidah menggunakan sikat gigi. Membersihkan lidah membantu menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline