Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Wajah Cerah Timnas Inggris di Tangan Lee Carsley

Diperbarui: 8 September 2024   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jack Grealish merayakan gol kedua timnya bersama Anthony Gordon dalam laga melawan Rep. Irlandia, 7/9/24. (Photo by PAUL FAITH / AFP) via kompas.com

Usai Gareth Southgate mengundurkan diri dari kursi pelatih Timnas Inggris paska kekalahan di Final EURO 2024, Lee Carsley ditunjuk sebagai pelatih interim untuk menggantikannya. Menjalani laga perdana melawan negara asalnya, Republik Irlandia, Lee Carsley menunjukkan wajah cerah The Three Lions.

Itulah yang setidaknya terpancar dari laga Inggris melawan Republik Irlandia pada matchday 1 UEFA Nations League B Grup 2. Bertandang ke Stadion Aviva Dublin, Sabtu (7/9/2024) malam WIB, The Three Lions menang dengan skor 2-0. Babak pertama menunjukkan sinar terang variasi strategi dari pelatih yang juga mantan pemain Everton tersebut.

Dua pemain yang pernah membela Republik Irlandia di kategori umur, Declan Rice dan Jack Grealish, menjadi pencetak skor di laga ini. Rice membuka keunggulan Inggris pada menit 11', sementara sontekan Jack Grealish bisa menjebol gawang Caoimhin Kelleher pada menit 26'.

Kendati demikian, di babak kedua Inggris sedikit mengalami pelambatan tempo dan sudah mulai bisa dibaca. Pelatih Republik Irlandia Heimir Hallgrimsson didampingi asistennya John O'Shea mampu mengunci pemain sayap Inggris untuk tidak merajalela lagi di kandang mereka.

Absennya Sejumlah Pemain Andalan

Menghadapi dua partai UEFA Nations League kontra Republik Irlandia dan Finlandia, Lee Carsley sebenarnya tidak berniat melakukan banyak perombakan atas skuad Inggris di EURO 2024 lalu. Hanya saja, sejumlah pemain andalan alami masalah cedera sehingga tidak dipanggil dalam persiapan pertandingan.

Jude Bellingham mengalami cedera sejak pertengahan Agustus lalu dan baru akan sembuh di akhir bulan September. Lalu Kyle Walker masih mendapatkan menit bermain yang minim di awal musimnya bersama Manchester City, sehingga kompatriotnya Rico Lewis yang dipanggil.

Kemudian ada pencoretan mendadak untuk Cole Palmer, Phil Foden, serta Ollie Watkins yang sedianya tetap dipanggil. Mereka harus kembali ke klub dengan alasan sedang cedera (Palmer dan Watkins) atau terjangkit virus (Phil Foden).

Jadilah skuad yang ada menjadi senjata bagi Lee Carsley sedikit bermanuver dengan para pemain-pemain lainnya. Menjadi satu atensi khusus, adalah dipanggilnya kembali Harry Maguire untuk memimpin lini belakang The Three Lions. Kabar baiknya, di laga semalam ia tampil solid sebagai center-back bersama Marc Guehi.

Kemenangan Inggris atas negara asal Lee Carsley (Republik Irlandia) ini tentu akan menjadi sinyalmen positif untuk mendudukkannya menjadi manajer paten The Three Lions. Terlebih, kandidat kuat sebelumnya yakni Mauricio Pochettino, dikabarkan hampir deal untuk menangani Timnas Amerika Serikat.

Sosok manajer interim Timnas Inggris, Lee Carsley. Sumber : www.bbc.com

Wajah Cerah The Three Lions

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline