Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Arab Saudi Vs Indonesia, Make The Impossible, Possible!

Diperbarui: 5 September 2024   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jay Idzes pada momen konferensi pers jelang laga melawan Arab Saudi, Jumat (6/9/24) dinihari WIB. SUmber : doc. PSSI (www.pssi.org)

Seusai Match Coordination Meeting, Rabu (4/9/2024), manajer Timnas Indonesia Sumardji mengonfirmasi bahwa Maarten Paes dipastikan bisa menjaga gawang Indonesia saat laga melawan Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Sebuah kejutan besar, dan semoga menular ke kejutan-kejutan lainnya di laga nanti!

Tuan rumah Arab Saudi dengan peringkat #56 FIFA jelas lebih diunggulkan saat menjamu Timnas Indonesia (rank #133 FIFA) di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah. Namun karena ini matchday perdana babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, semua kemungkinan bisa saja terjadi.

Sebab, Timnas Garuda telah melakukan persiapan yang cukup matang dari sejak berkumpul di Jakarta (untuk pemain BRI Liga 1), melakukan ibadah umroh bagi yang beragama Islam, hingga aklimatisasi cuaca bersama dengan punggawa abroad lainnya. 

Coach Shin Tae-yong (STY) juga memperbaiki sisi teknis dalam menyerang, dengan mendatangkan Coach Yeom ki-hun sebagai asistennya.

Dalam konferensi pers sebelum laga, pria asal Korea Selatan berusia 53 tahun ini menyebut, bahwa Arab Saudi yang ditukangi oleh Roberto Mancini mempunyai pemain-pemain dengan skill dan fisik yang prima. Namun ia juga menuturkan satu kelebihan Timnas Indonesia, yakni adanya pemain-pemian yang berlaga di Liga Eropa.

"Saya apresiasi tinggi Arab Saudi. Pemain mereka bagus dalam teknikal individu, dan juga punya kondisi fisik yang kuat. Juga dibawah pelatih Roberto Mancini tim mereka memiliki arahan yang jelas, kompak, dan terorganisasi dengan baik," ujar Shin Tae-yong saat sesi jumpa pers, Rabu (4/9), dikutip dari bola.net.

"Sebagian pemain kami adalah abroad dan pemain itu mereka memiliki kondisi, taktikal, dan pemahaman yang baik,... (Mereka) berkompetisi di Liga Eropa dan itu sangat membantu performa kami,"  

Bagi Timnas Indonesia, babak ketiga ini merupakan pengalaman terjauh untuk meraih asa menuju Piala Dunia sejak sistem Kualifikasi Zona Asia dijalankan. 

Semoga dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia bisa membantu Jay Idzes dkk untuk setidaknya mencuri satu poin di kandang The Green Falcon. Ditambah hadirnya Maarten Paes, duel Elang versus Garuda ini diharapkan akan menjadi semakin seru!

Perkiraan Susunan Pemain

Coach STY pada laga nanti akan kehilangan Justin Hubner yang masih harus melakoni satu laga skorsing usai akumulasi kartu kuning yang ia terima di pertandingan kualifikasi babak kedua. Jordi Amat juga tidak dipanggil karena cedera, praktis dalam skema 3-4-2-1 andalan Coach STY, hanya tersisa lima pemain untuk pos pertahanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline