Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Resmikan Riccardo Calafiori, The Gunners Makin Seksi

Diperbarui: 31 Juli 2024   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Riccardo Calafiori saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arsenal. sumber : www.tribunnews.com

Dua musim berada di bawah bayang-bayang Manchester City, Arsenal kini perlahan membenahi skuadnya agar makin seksi. Sosok perdana yang datang di musim panas 2024/2025 pun telah diumumkan, yakni bek Italia Riccardo Calafiori. Pemain yang tampil heroik di EURO 2024 Jerman ini diboyong dari Bologna seharga 45 juta Pounds plus bonus 5 juta Pounds.

Hadirnya Calafiori berarti membuat lini belakang The Gunners semakin sempurna. Kata "seksi" saya pilih karena kecenderungan sang manajer Mikel Arteta yang ingin bermain build-up bola pendek dari lini belakang, telah menemukan missing-piece dalam sosok pemain kidal 22 tahun ini.

Ben White, William Saliba dan Gabriel Magalhaes musim lalu sudah menjadi tiga pilar inti di lini belakang. Satu pemain di posisi fullback kiri secara bergantian ditempati Jakub Kiwior, Oleksander Zinchenko dan Takehiro Tomiyasu. 

Tidak puas dengan ketiganya, maka aksi Mikel Arteta memboyong Calafiori di musim ini jelas merupakan langkah brilian. Ia membajak sang pemain yang sebelumnya santer bergabung dengan Juventus untuk mengikuti pelatihnya di Bologna, Thiago Motta.

Langkah cepat diambil seusai Italia tersingkir dari Piala Eropa, dan Calafiori pun sangat senang untuk bermain di Premier League, liga impiannya. 

Dengan visi bertahan seperti kebanyakan bek Italia, dipadukan dengan kemampuan mengumpan sekaligus naik membantu serangan, sisi kiri The Gunners dijamin akan makin solid dengan kehadirannya. Calafiori juga bisa menjadi pelapis yang sepadan bagi Gabriel Magalhaes, jika bek Brasil tersebut harus absen sebagai palang pintu.

Seperti apa komposisi Arsenal yang makin seksi di musim ini? Mari kita bahas.

Calafiori Jadi Pelengkap Kuartet Lini Belakang

Seperti dibahas di atas, Riccardo Calafiori kemungkinan besar akan menempati posisi fullback kiri Arsenal dalam formasi 4-3-3. Dengan Ben White di sisi kanan yang cenderung bergerak lurus ke depan, Calafiori bisa menjadi opsi variasi strategi inverted-full back yang kini sedang ngetrend.

Bisa dibandingkan dengan Marc Cucurella di Chelsea dan Timnas Spanyol, dalam bertahan, inverted-fullback ini bergerak ke pos aslinya di sisi kiri. Namun dalam menyerang, si pemain bisa berada di lini tengah menemani gelandang bertahan untuk menciptakan dua pivot di depan tiga bek.

Tujuan dari permutasi ini, adalah ketika lawan melakukan counter attack, lapisan bertahan di lini tengah menjadi cukup tebal. Akibatnya serangan tersebut tidak akan langsung menyasar ke lini belakang, karena sudah dihadang dua "gelandang bertahan".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline