Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Preview Belanda Vs Inggris, Felix Zwayer di Antara Dua Negara "Maniak" Sepak Bola

Diperbarui: 9 Juli 2024   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gareth Southgate dan Ronald Koeman pada duel terakhir Timnas Inggris vs Belanda (6 Juni 2019).(AFP/MIGUEL RIOPA via kompas.com)

Sebuah pertarungan seru diharapkan akan terjadi di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dinihari WIB. Dua negara yang selalu mengaku "maniak" atau "paling bola" di Eropa, Belanda dan Inggris, akan saling bertempur di semifinal EURO 2024. Namun ada satu yang menjadi sorotan, sang yakni pengadil di lapangan Felix Zwayer.

Felix Zwayer, wasit asal Jerman berusia 43 tahun, pernah diskors oleh UEFA selama enam bulan pada 2005. Ia divonis terbukti menerima suap sebesar 300 ribu Euro dari sesama perangkat pertandingan, yakni Robert Hoyzer pada laga SV Wuppertal dan tim amatir Werder Bremen tahun 2004.

Seusai masa skorsing, Zwayer menemukan lagi integritasnya sebagai pengadil di lapangan, namun pernah membuat keputusan kontroversial di laga Der Klassiker antara Bayern Munchen versus Borussia Dortmund tahun 2021.

Ia tidak memberikan penalti bagi Der Borrusen saat Mats Hummels yang kala itu masih membela Bayern, melakukan handsball di kotak terlarang. Usai laga, Jude Bellingham yang masih berseragam Dortmund memberikan cibiran keras pada Feliz Zwayer, yang berujung sanksi 40 ribu Euro dari otoritas Bundesliga.

"Anda memberi wasit, yang pernah mengatur pertandingan sebelumnya, pertandingan terbesar di Jerman, apa yang Anda harapkan?" ucap Bellingham usai laga yang berakhir dengan kekalahan Dortmund 2-3 dari sekutu terbesarnya di Jerman tersebut, dikutip dari skysports.com.

Apakah kejadian tiga tahun silam masih membekas di ingatan Felix Zwayer dan Jude Bellingham? 

Yang pasti, laga antara Belanda dan Inggris akan melibatkan tensi cukup tinggi. Fans kedua negara mengaku paling maniak atau paling bola di dataran Eropa. Belanda dengan Total Football-nya, sementara Inggris dengan slogan "Football is coming home". 

Siapa yang akan menang? Berikut akan coba saya bahas kesiapan kedua tim dan prediksi jalannya pertandingan.  

Sosok wasit asal Jerman, Felix Zwayer. Sumber : Getty Images via www.timor.heloindonesia.com

Sorotan Kepada Southgate Melebihi "Football is coming home"

Pada gelaran EURO 2024 ini, seruan "Football is coming home" dari fans Inggris tidak sekeras Euro 2020 ataupun Piala Dunia 2022 lalu. Pada dua turnamen mayor tersebut, dimana Inggris berhasil menembus Final dan Semifinal, harapan fans untuk membawa pulang trofi sangatlah besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline