Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Spanyol vs Jerman, Bisa Pensiunkan Toni Kroos Sekarang, La Roja?

Diperbarui: 5 Juli 2024   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Toni Kroos menjadi jenderal lini tengah Jerman saat melawan Skotlandia, Jumat (14/6/2024). Sumber :(AFP/MIGUEL MEDINA) via kompas.com

Bigmatch sarat intrik akan tersaji di perempatfinal EURO 2024. La Roja, Spanyol sebagai satu-satunya negara yang masih sempurna di kompetisi ini, akan menghadapi tuan rumah Jerman. Joselu Mato, striker Real Madrid musim lalu, sesumbar akan membuat Toni Kroos pensiun dini usai laga ini. Bisakah?

Seperti kita tahu, EURO 2024 merupakan terakhir kalinya kita bisa melihat aksi The Silent Galactico, Toni Kroos. Akhir musim lalu ia sudah resmi pensiun dari level klub, dan akan melakukannya pula di semua level sepakbola usai EURO 2024.

Berlaga di Mercedez-Benz Arena, duel Spanyol versus Jerman akan kick off Jumat (5/7/2024) jam 23.00 WIB. Pemenang dari laga ini lolos ke semifinal, menunggu pemenang lain di laga Portugal vs Prancis. What a tight drawing!

Pada babak 16 besar, Spanyol mengalahkan tim kejutan Georgia dengan skor 4-1 (1/7/2024), sementara sehari sebelumnya, Die Mannschaft Jerman tampil solid untuk bungkam Denmark 2-0.

Secara head to head, Spanyol cukup superior dibandingkan Jerman. Tiga kali La Roja memenangi pertarungan, tiga kali imbang dan sekali saja Jerman menang. Kemenangan Jerman terjadi di laga persahabatan tahun 2014 silam, usai Die Mannschaft raih gelar Piala Dunia 2014 Brasil.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar lalu, kedua tim bermain imbang 1-1 di fase grup. Alvaro Morata membuka keunggulan, namun Niclas Fullkrug berhasil samakan kedudukan di akhir laga.

Berikut adalah kepercayaan diri seorang Joselu, untuk teruskan rekor positif negaranya melawan Jerman. Ia tanpa sungkan akan mengirim rekan "satu musimnya" segera pensiun.

"Kami berharap ini adalah pertandingan terakhirnya. Itu adalah permainan yang tidak istimewa karena dia ada di sini. Ini adalah perempat final melawan tim hebat. Kami berharap untuk memensiunkan Toni pada hari Jumat," sesumbarnya dikutip dari Football Espana via tribunnews.

Persiapan Kedua Tim Jelang Laga

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann, mengeluarkan statement bahwa timnya mewaspadai pemain Spanyol secara kolektif, bukan individual. Ini yang dijelaskannya terkait pertanyaan wartawan di preskon mengenai sensasi pemain 16 tahun, Lamine Yamal.

"Fokus saya bukan Yamal, tetapi Jamal," ucap Nagelsmann menjelang pertandingan, dikutip dari ESPN via kompas.com.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline