Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Jelang Lecce vs Juventus: Mumpung Inter Masih di Saudi, Juve Nyaman-Nyamanin Jadi Capolista

Diperbarui: 21 Januari 2024   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dusan Vlahovic rayakan golnya ke gawang Sassuolo minggu lalu. (AFP/MARCO BERTORELLO) via bola.kompas.com

Kejar-kejaran poin antara Inter Milan dan Juventus terjadi dalam sebulan terakhir, dimana kini Nerazzuri masih unggul 2 angka atas rivalnya tersebut. Minggu lalu skuad asuhan Simone Inzaghi sudah berada di Arab Saudi untuk upayanya mempertahankan gelar Supercoppa Italia. Inter Milan yang kalahkan Lazio di semifinal, sudah ditunggu Napoli di final (23/1) nanti. Jadi, mereka praktis tidak memainkan giornata ke-21 minggu ini.

Inilah kesempatan bagi Juventus untuk menduduki posisi Capolista atau pemuncak klasemen selama seminggu penuh. Bertandang ke Via del Mare, skuad besutan Max Allegri akan menghadapi Lecce yang dihelat hari Senin (22/1) dini hari jam 02.45 WIB. Wasit yang bertugas adalah Daniele Doveri dari Volterra. 

Lecce yang kini berada di peringkat 13 memiliki tren negatif dalam 4 laga terakhirnya. Di periode itu, skuad asuhan Roberto D'Aversa memperoleh hasil kalah 3 kali dan sekali seri. Terbaru, mereka dikalahkan Lazio 0-1 pada Minggu (14/1) lalu. Bermain di Olimpico Stadium, gawang Wladimiro Falcone dibobol oleh Felipe Anderson di menit ke-58'.

Sementara Juventus semakin menunjukkan keperkasaannya yang lama hilang. 17 laga mereka lalui tanpa kekalahan, sejak hasil 2-4 melawan Sassuolo 23 September 2023. Selama itu mereka meraih 3 hasil seri dan 14 kemenangan! Bonusnya adalah mereka kini juga lolos semifinal Coppa Italia, dan akan menghadapi Lazio dalam dua leg. 

Hasil terbaru Si Nyonya Tua adalah kemenangan 3-0 atas Sassuolo yang menjadi ajang pembalasan dendam atas satu-satunya kekalahan yang mereka terima musim ini dari tim Neroverdi. Dalam kemenangan itu, Dusan Vlahovic menjadi bintang lewat dua golnya, yang mana satu berhasil ia cetak melalui freekick. Federico Chiesa melengkapi dengan golnya di penghujung laga.

Rekor pertemuan antara Lecce dan Juventus pada musim lalu hingga putaran pertama musim ini selalu dimenangkan oleh Juventus, dengan agregat 4-1. Jadi tidak banyak tercipta gol diantara kedua tim, ini tercermin dalam ketatnya laga awal musim ini yang dimenangi Juve 1-0 di Turin. Arkadiusz Milik menjadi pencetak gol tunggalnya, dan ia bisa saja menjadi protagonis lagi di laga nanti karena ia dalam form terbaik. Hattrick ke gawang Frosinone (12/1) di Coppa Italia menjadi buktinya.

Max Allegri memperingatkan skuad asuhannya untuk tidak memandang remeh Lecce. Ia juga mengabarkan bahwa Chiesa dan Rabiot tidak akan ikut serta di laga nanti.

"Tim (dalam kondisi) bagus, mereka menjalani sesi latihan yang bagus kemarin. Besok tidak akan ada Adrien Rabiot dan Federico Chiesa. Rabiot mengalami cedera betis, sementara Federico mengalami masalah lutut yang kambuh dan akan dievaluasi dalam beberapa hari ke depan. Kami tidak punya dua pemain itu, tapi kami punya beberapa untuk dimainkan besok. Kami akan mengevaluasi Rabiot, betis adalah area yang sangat berisiko. Untuk Chiesa, dokter akan mengevaluasinya. Bermain di Lecce selalu rumit, pertandingan yang tidak nyaman terjadi. Mereka adalah tim yang menciptakan dan bertahan dengan sangat baik, dan dalam empat pertandingan kandang terakhir mereka selalu meraih hasil." ujarnya sebelum laga dikutip dari blackwhitereadallover.

Selain Chiessa dan Rabiot, Bianconeri masih ditinggal Mattia De Sciglio yang masih cedera, serta Moise Kean yang masih di drop dari skuad untuk menunggu kepastiannya pidah ke Atletico Madrid. Kepindahannya ini tergantung tuntasnya deal Angel Correa ke salah satu klub di Saudi Pro League. Weston McKennie dan Federico Gatti juga sudah bisa berlaga usai jalani skorsing akumulasi kartu kuning.

Sementara tim tuan rumah kehilangan banyak pemain untuk AFCON 2023. Mereka adalah Hamza Rafia, Ahmed Touba dan Lameck Banda yang semuanya berkewarganegaraan Pantai Gading. Nicola Sansone masih berstatus tanda tanya untuk diturunkan D'Aversa, menunggu laporan terakhir dari tim medis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline