Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Jelang Burnley vs Luton Town: Tiga Poin Dulu Sebelum Kompany Belanja di Bursa Transfer

Diperbarui: 12 Januari 2024   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aksi Tahith Chong hadapi pemain Burnley di leg pertama lalu. (REUTERS/Peter Nicholls) via www.reuters.com

Burnley masih terseok-seok di Premier League musim ini, meski sempat digadang akan memberikan kejutan. Juara Championship Divison musim lalu masih terbenam di urutan ke-19 dengan 11 poin. Bersama tim promosi lainnya, Sheffield United dan Luton Town, mereka tak kuasa hadapi ketatnya persaingan Premmier League hingga terbenam bersama di dasar klasemen.

Menyikapi bursa transfer musim dingin yang sudah dibuka, manajer Burnley Vincent Kompany akan menimbang segala kemungkinan untuk memperkuat skuadnya. Meski ia juga sadar, tidak banyak pemain yang langsung akan memberi dampak pada mereka.

"Jujur saja, ada peluang besar kami melakukan penguatan di beberapa posisi. Tetapi saya ingin mengatur ekspektasi dalam kaitannya dengan apa yang bisa kami lakukan saat ini. Akan sulit untuk mendatangkan pemain yang dapat mengubah keadaan secara nyata dan langsung, tetapi saya pikir kami selalu dapat menggunakan sedikit kekuatan ekstra untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu, pemain yang kami pikir dapat membantu kami." ujarnya jelang laga dikutip dari yahoo!sportuk.

"Kami punya waktu istirahat yang bagus, pertandingan berikutnya adalah tanggal 31, jadi setelah pertandingan kita akan punya banyak waktu untuk melakukan semua diskusi, tentu saja secara internal. Satu-satunya kekhawatiran saya adalah Luton minggu ini. Istirahat memberi kami peluang fantastis untuk menghadapi segala hal setelah pertandingan." imbuhnya menegaskan bahwa yang terpenting bagi timnya kini adalah mengalahkan Luton Town.

Melanjutkan pekan ke-21 Premier League, Burnley akan menjamu Luton Tuwn di Turf Moor pada Sabtu (13/1) dini hari jam 02.45 WIB. Dalam pertemuan sebelumnya di kandang Luton (4/10/23), Burnley bisa memenangkan laga dengan skor 2-1. Gol dari Lyle Foster dan Jakob Bruun Larsen hanya bisa diperkecil oleh Elijah Adebayo. Rekor dalam 7 pertemuan mereka juga masuh dikuasai oleh Burnley dengan 4 kemenangan dan 3 kali imbang. The Hatters, Luton Town, belum pernah menang sekalipun melawan Burnley.

Asuhan Vincent Kompany mempunyai bekal buruk dalam dua laga terakhir, meski ia senang dengan perkembangan timnya. Di Premier League jelang pergantian tahun, mereka hampir saja menjadi mengimbangi Aston Villa di Villa Park, sebelum penalti Douglas Luiz di akhir laga menutup kekalahan mereka dengan skor 2-3. Pekan lalu, Burnley tersingkir di ajang FA Cup, kali ini Spurs harus susah payah kalahkan mereka 0-1. Dalam dua laga ini, kendala terbesar Kompany adalah mandulnya lini depan Burnley. Rata-rata 10 tembakan bisa dihasilkan dalam tiap laga, hanya belum bisa dimaksimalkan oleh Zeki Amdouni dkk.

Sementara The Hatters, Luton Town, harus melawan Bolton Wanderers di laga replay FA Cup, karena mereka raih hasil imbang 0-0 di Kenilworth Road. Performa asuhan Rob Edwards lebih lumayan dari Burnley di akhir tahun, setelah mereka menang beruntun atas Newcastle dan Sheffield United di periode Natal. Catatan away mereka musim ini juga bisa kalahkan tim penghuni papan bawah, yakni Sheffield United dan Everton. 

Rob Edwards menganalisa laga kali ini akan lebih berat dibandingkan pertemuan pertama mereka Oktober lalu, karena giliran Burnley akan jadi tuan rumahnya.

"Pertandingan di bulan Oktober "sangat ketat" dan kami bersaing dengan mereka tetapi kami perlu menekan pada momen yang tepat .dan pada saat laga kami tidak bisa mengambil momen. Mereka akan percaya diri sekarang karena bermain di kandang sendiri, namun kami menunjukkan di paruh kedua pertandingan pertama, bahwa kami bisa menyakiti mereka dan itu merupakan hal yang membesarkan hati. Kami akan berkonsentrasi pada pertandingan ini, ini tantangan yang bagus, pertandingan yang sulit. Burnley telah melukai tim yang lebih besar dan lebih baik dari kami tahun ini." katanya merendah, dikutip dari situs resmi klub Luton Town.

Burnley mungkin tidak bisa memainkan Lyle Foster yang alami masalah engkel saat lawan Spurs di FA Cup. Pemain yang sudah pulih dari permasalahan depresi itu akan bergabung dengan Luca Keleosho yang alami cedera panjang. Kabar hgembira bagi Kompany adalah Sander Berge sudah usai jalani suspensinya, begitu juga dengan kondisi Hjalmar Ekdal dan Jordan BEyer sudah berangsur pulih dari cedera. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline