Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

Enam Gol di Babak Kedua, Liverpool Kandaskan Newcastle Lewat Penampilan Ciamik Mohammed Salah

Diperbarui: 2 Januari 2024   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi saat Curtis Jones mencetak gol. (Sumber: AP Photo/Jon Super) via kompas.tv/olahraga

Liverpool tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memperlebar jarak dengan para pesaingnya. The Anfield Gank menekuk Newcastle United 4-2 dalam laga seru Selasa (2/1) dini hari di Anfield. Performa tim yang menanjak, ditunjang dengan rekor buruk The Toon saat hadapi Liverpool, semalam disempurnakan dengan penampilan ciamik "The Egyptian King", Mohammed Salah.

Mo Salah yang setelah laga ini akan bertugas bersama Timnas Mesir di AFCON Piala Arika 2024 di Pantai Gading, mengkreasikan semua gol bagi Liverpool lewat 2 gol, 1 assist dan sebuah umpan kunci bagi gol Curtis Jones. Tambahan dua gol ini membuatnya sudah cetak 151 gol bagi The Reds di ajang Premier League, dan membuatnya menjadi topskorer bersama dengan Erling Haaland di Premier League dengan 14 gol.

Jurgen Klopp menurunkan pemain terbaiknya di laga ini, dengan pilihan lini tengah jatuh kepada trio Curtis Jones, Dominik Szoboszlai dan Wataru Endo yang juga akan tinggalkan tim ke Piala Asia. Diogo Jota disimpan di bench, memberikan ruang bagi Luis DIaz mengisi lini serang bersama Mohammed Salah dan Darwin Nunez.

Sementara Newcastle asuhan Eddie Howe ternyata memilih merotasi Miguel Almiron dengan Joelinton, sehingga ruang Joelinton di lini tengah diisi oleh wonderkid, Lewis Miley, bersama Bruno Guimaraes dan Seaan Longstaff. Kapten Jamaal Lascelles yang telah sembuh dari cedera disimpan di bench dan baru turun di babak kedua. Kieran Trippier tidak dibawa oleh Howe, yang berarti menempatkan Tino Livramento di posisi fullback kanan, serta Dan Burn menjadi kapten di laga ini.

 Pertandingan berjalan sesuai dengan perkiraan bahwa The Reds akan pegang kendali, dan nanti akan ada catatan mengenai 34 tembakan yang mereka buat di sepanjang laga. (BACA : Jelang Liverpool vs Newcastle: Menjamu Newcastle yang Sedang Loyo, Saatnya The Reds Jauhi Pesaingnya)

Jalannya Pertandingan

Persis seperti laga Liverpool melawan West Ham di Carabao Cup lalu, ternyata Newcastle tampil melempem di hadapan penonton Anfield. Semenjak kick off, pasukan Jurgen Klopp langsung menyerbu pertahanan Newcastle dengan pergerakan vertical-direct-attackingnya. Peluang pertama langsung didapati Trent Alexander-Arnold di menit kedua, namun sayang tembakannya masih melenceng dari gawang Dubravka.

Menit ke-11 Dubravka dan Sven Botman melakukan penyelamatan krusial, saat umpan terobosan Salah disontek oleh Darwin Nunez namun masih bisa diselamatkan oleh sang kiper. Berikut sepakan keras Curtis Jones setelahnya masih bisa diblock oleh Sven Botman di depan gawang Newcastle. Peluang ini mungkin bisa ditinjau ulang melihat posisi Mo Salah sebelum lepaskan umpan sedikit terperangkap offside.

Serangan Liverpool semakin tajam, dan mereka berhasil ciptakan gol yang sayangnya dianulir. Umpan terobosan Szoboszlai dari tengah membelah pertahanan Newcastle, berhasil membebaskan Darwin Nunez untuk berhadapan dengan Dubravka. Mengetahui ia dicover oleh Dun Burn, Nunez memberi umpan kepada Luis Diaz yang berada di jalur tembak sebelah kiri. Dengan sekali tembak melalui kaki kirinya, Diaz bisa robek jala Dubravka, namun gol itu dianulir karena posisi Nunez tertangkap offside saat terima umpan Szoboszlai.

Menit ke 20' Liverpool mendapatkan penalti! Lagi-lagi kolaborasi umpan Szoboszlai, dummy Nunez dan pergerakan Luis Diaz membuat Sven Botman harus menjatuhkan penyerang Kolombia di kotak terlarang. Wasit Anthony Taylor tanpa ragu menunjuk titik putih. Sayangnya, eksekusi Mo Salah bisa digagalkan Dubravka yang tampil epik sejauh ini, plus rebound dari Trent Alexander-Arnold malah melambung di atas gawang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline