Lihat ke Halaman Asli

Greg Satria

TERVERIFIKASI

FOOTBALL ENTHUSIAST

(Prediksi) Serie A Giornata 14, Monza vs Juventus : Kesempatan Si Nyonya Tua Rebut Capolista

Diperbarui: 30 November 2023   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Duel Monza versus juventus tahun 2022. https://bola.kompas.com/

Karena melanggar Financial Fair Play, pada 29 Juli lalu UEFA memutuskan bahwa Juventus dicabut kepesertaannya di seluruh kompetisi Eropa selama musim 2023/2024. Ada hikmah di balik itu bagi Si Nyonya Tua, bahwa mereka bisa memusatkan fokus untuk mengejar Scudetto di musim ini.

Juventus akan melawan tuan rumah AC Monza pada laga awal Giornata 14 Serie A. Bertempat di Stadio U-Power Brianteo, laga ini kick off Sabtu (2/12) dinihari jam 02:45 WIB.

Preview Monza vs Juventus

Setelah dibeli oleh duet ex-pemimpin Milan alm. Silvio Berlusconi dan Adriano Galliani pada 2018, AC Monza berhasil menapaki tangga dari Serie C hingga kini berperingkat ke-9 di Serie A. Sistem yang tepat telah ditinggalkan oleh mendiang yang juga mantan Perdana Menteri Italia itu untuk dilanjutkan pada koleganya Galliani, dan Paolo Berlusconi. Untuk musim ini, mereka punya rekor 4 menang, 6 seri dan 3 kalah. Data yang menunjukkan skuad Rafaele Palladino adalah tim yang sulit ditundukkan. Minggu lalu mereka menahan imbang Cagliari 1-1 di Sardegna Arena.

Sementara La Vecchia Signora diam-diam mulai menapaki asa memperoleh Scudetto lagi. Tim Turin memang dikenal mempunyai mental pemenang meski dicibir dengan gaya main yang pragmatis. Max Allegri berhasil meramu pemain senior, bintang lokal dan para pemain muda berbakat menjadi sebuah tim yang sangat "keras" untuk dilawan. Terbaru, di Derby D'Italia, Inter Milan berhasil mereka tahan imbang di Juventus Stadium dengan skor 1-1. Gol dari Dusan Vlahovic sayangnya bisa disamakan oleh topskorer sementara Lautaro Martinez.

Pertemuan Monza dan Juventus di musim lalu menghasilkan head to head yang cukup mengejutkan. Juventus hanya bisa menyingkirkan Monza di perdelapan final Coppa Italia di Turin, sementara Monza memenangi pertemuan kandang-tandang keduanya di Serie A. Di Brianteo, Monza unggul 1-0 lewat gol Christian Gytkjaer, sementara di Turin tim tamu unggul 2-0 lewat gol-gol Patrick Ciurria dan Dany Mota. Dua laga itu tentu akan jadi pekerjaan rumah Allegri dalam menghadapi strategi muridnya Palladino di laga nanti.

Pemain yang akan absen di kubu Monza adalah Gianluca Caprari dan Armando Izzo dikarenakan cedera. Samuele Vignato kondisinya masih tanda tanya hingga dokter tim memberikannya ijin untuk tampil. Andrea Colpani akan menunjukkan performa terbaiknya setelah menerima panggilan pertama timnas dua minggu lalu. Meski belum melakukan debut, ia pasti diliputi rasa percaya diri yang tinggi sebagai topskorer tim dengan 6 gol.

Sementara Bianconeri pasti tanpa Pogba dan Fagioli yang dihukum. Daftar cedera diisi oleh Timothy Weah, Danilo dan Mattia De Sciglio. Max Allegri akan mengandalkan Adrien Rabiot dan Locatelli sebagai poros utama tim, sementara Chiesa dan Vlahovic sebagai duet andalan di depan.

Prediksi laga kedua tim akan berlangsung alot, bahkan kemungkinan minimnya gol bisa saja terjadi. Alasannya adalah strategi dari kedua pelatih adalah menunggu di area sendiri, kemudian melancarkan serangan balik cepat. Colpani dan kapten Pessina akan sangat terlibat di laga ini memerangi kualitas lini tengah Juve. Sektor depan akan jadi pembeda karena kualita Vlahovic jauh di atas Lorenzo Colombo dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Kemenangan akan membuat Si Nyonya Tua merebut sementara gelar capolista dari Inter Milan, yang baru akan bertanding melawan Napoli senin dini hari.

Perkiraan Formasi :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline