Jurnalisme online semakin marak seiring perkembangan abad ke dua puluh satu ini. Salah satu praktik jurnalisme yang berlomba-lomba ialah portal berita online. Semakin hari berbagai media berusaha untuk menjadi yang pertama memberitakan suatu informasi.
Meski beragam, namun sebenarnya hanya berbeda angle yang diangkat. Berbanding terbalik, kurva yang disajikan berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa dewasa ini rating media tinggi namun kualitas berita mereka pada posisi konstan.
Pertama kali muncul di Indonesia pada November 2016, Vice Indonesia menjadi media baru yang berkembang relatif cepat. Dengan gaya penulisan yang khas dan pilihan berita yang unik, Vice Indonesia berhasil menarik minat anak muda, terutama di kota-kota besar.
Pertama kali lahir tahun 1994 sebagai majalah cetak dan situs berita yang fokus pada seni dan budaya, Vice berkembang menjadi Vice Media, perusahaan daring dan penyiaran yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Indonesia menjadi tujuan pertama negara di Asia Tenggara yang dipilih oleh media online dari Kanada itu. Vice Indonesia meneruskan tradisi dan semangat Vice Media itu, tapi dengan beberapa penyesuaian.
Vice Indonesia pun dapat dikatakan telah melewati batas-batas pemberitaan melalui perbedaan dibanding media daring lain yang menulis dengan monoton dan hanya memanfaatkan judul bombastis.
Mengingat karakteristik media baru (digital, interactivity, hypertextual, network, virtual, & simulated) yang dipaparkan Lister, dkk (2009), lalu sebagai portal berita online, apakah Vice.com memiliki karakteristik new media tersebut?
Berikut terdapat analisis karateristik new media dalam Vice.com :
1. Digital
Karakteristik pertama adalah digital. Digital sendiri berarti ketika teks, gambar, diagram, foto, video dan lain-lain diubah menjadi data kemudian dikonversi menjadi angka dan dibentuk menjadi sumber online. Vice Indonesia menunjukkan hal tersebut dari portal online yang terbentuk. Sejauh mana kita bisa mengatakan itu digital karena berbentuk website di internet dan dapat diakses lewat link Vice.com.
2. Interactivity
Karaketristik kedua adalah interactivity yang berarti hubungan yang luas terhadap sumber informasi dan kedekatan terhadap penggunaan media yang lebih personal. Maksudnya adalah pengguna bisa ikut terlibat dalam menanggapi isi berita atau berperan serta dalam pencarian beritanya.