Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Sumpah Pemuda dan Makna Bahasa Indonesia di Mata Gen Alpha

Diperbarui: 28 Oktober 2024   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa Indonesia: Jembatan Menuju Peradaban Maju, oleh Adora Nafanu (dokpri)


Gen Alpha merupakan sebutan bagi mereka yang lahir antara tahun 2011-2025.  Kelompok ini adalah generasi yang karakteristiknya belum terlihat jelas karena masih anak-anak.

Akan tetapi jangan dikira mereka hanya tahu bermain gadget dan menyibukkan diri dengan aneka permainan online yang dikuasai secara otodidak.

Sekalipun karakteristiknya belum terlihat jelas, mereka telah mencoba untuk berpikir mengenai apa yang sudah terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa depan. Tentunya, seturut apa yang mereka bayangkan.

Gen Alpha, Sumpah Pemuda, dan Kekuatan Bahasa Indonesia

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, gen Alpha SDK Canossa Kota Kupang ditantang untuk menyiapkan diri dan berpidato dengan tema "Bahasa Indonesia: Jembatan Menuju Peradaban Maju".

Adora Nafanu, salah satu siswa kelas IV SDK Canossa Kota Kupang pun tak mau ketinggalan, menyampaikan pidato singkatnya dalam memperingati hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia 2024.

Berikut ini adalah pidato Adora Nafanu dengan tema "Bahasa Indonesia: Jembatan Menuju Peradaban Maju".

Bahasa Indonesia telah memainkan peran penting sejak dahulu kala. Peran ini mampu mempersatukan bangsa Indonesia sebagai suatu bangsa yang besar.

Bahasa Indonesia juga telah membuktikan diri sebagai sarana komunikasi antara berbagai suku bangsa. Bahkan antarnegara, terutama negara-negara dalam rumpun Melayu seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Seperti yang kita ketahui, bangsa Indonesia terdiri dari ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa juga memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Misalnya bahasa Dawan oleh suku Atoni Timor, atau bahasa Jawa oleh suku Jawa.

Keberagaman bahasa daerah ini merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Namun di lain pihak, menjadi kelemahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline