Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Banjir Semangka di Musim Kemarau, Bisa jualan dari Rumah

Diperbarui: 16 September 2024   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang bapak menjadikan halaman rumah di jalan Amabi, Kota Kupang  untuk berjualan semangka (dokpri)

Musim kemarau tak selamanya membuat kita mengalami kesulitan seperti  krisis air, banyak debu, gagal panen, dan timbul beberapa penyakit seperti batuk pilek.

Ada beberapa keuntungan yang dapat dimanfaatkan selama musim kemarau. Salah satunya, panen buah semangka yang rasanya lebih manis ketimbang musim hujan.

Semangka yang umum dijumpai di musim kemarau adalah semangka warna merah. Selain itu, beberapa orang terlihat menjual semangka warna kuning. 

Menjual semangka dapat dilakukan di beberapa tempat. Di pasar tradisional, supermarket, di dalam mobil pick up, dan lapak buah di pinggir jalan.

Adapun yang menjualnya dengan cara menghamparkan buah semangka di pinggir jalan, bahkan jualan di depan rumah, 

Menjual semangka dari rumah dapat menjadi usaha yang menguntungkan tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi rumah, akses pasar, kualitas produk, serta strategi pemasaran.

Jualan semangka menggunakan pick up (dok foto: beritamerdeka.net)

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari berjualan semangka dari rumah sendiri dengan mengambil contoh di Kota Kupang, NTT.

1. Biaya operasional rendah

Dengan tidak perlu menyewa tempat usaha, berjualan di rumah dapat menghemat banyak biaya operasional seperti biaya sewa, listrik, air, dan biaya perawatan tempat usaha. 

Dengan adanya penghematan maka penjual buah semangka dengan menjadikan rumah sebagai tempat berjualan dapat meningkatkan margin keuntungan.

2. Fleksibilitas waktu

Berjualan dari rumah memberikan fleksibilitas untuk mengatur jadwal kerja sesuai dengan kebutuhan orang yang menjualnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline