Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Mengenal Bunga Adam-Hawa, Mitos dan Manfaat yang Jarang Diketahui

Diperbarui: 6 Agustus 2024   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bunga Adam-Hawa corak bergaris dan full warna ungu (dok foto: Greg Nafaanu)

Namanya tanaman Adam-Hawa. Entah siapa yang menamakannya demikian.

Nama ilmiah tanaman yang mudah tumbuh ini adalah Tradescantia pallida. Sedangkan di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan Nanas Kerang atau Sasongkokan.

Di negara lain, si Adam-Hawa ini lebih dikenal dengan nama purple heart. Umumnya terbagi atas dua kelompok, yaitu yang berbunga ungu total atau gelap, dan memiliki warna kombinasi.

Bunga Adam-Hawa atau Purple Heart (Tradescantia pallida) adalah tanaman hias yang populer karena daun ungu atau merah jambu yang menarik. Termasuk coraknya yang keren.

Tanaman ini diperkirakan merupakan tanaman asli dari daratan Amerika Tengah. Dari sana kemudian berkembang ke seluruh dunia karena mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Bunga Adam-Hawa di depan beranda rumah ( dok foto: Greg Nafanu)

Mitos nama Adam-Hawa

Ada beberapa cerita atau mitos yang melingkupi asal-usul nama "Adam-Hawa" untuk tanaman ini. Namanya juga mitos, ya akurasinya tidak dijamin. 

Tanaman ini  dikaitkan dengan kisah Adam dan Hawa dalam agama. Konon, bunga ini dinamakan Adam-Hawa karena warnanya yang ungu.

Warna ungu ini  melambangkan keselarasan antara Adam sebagai representasi laki-laki dan Hawa  yang merepresentasi  kaum perempuan dalam cerita penciptaan dalam agama.

Mitos lainnya terkait dengan cinta abadi. Ada yang percaya bahwa tanaman ini juga melambangkan cinta abadi antara dua orang, seperti kisah cinta Adam dan Hawa yang dianggap abadi. 

Purple heart yang full warna ungu (dok foto: Greg Nafanu)

Manfaat Tanaman Adam-Hawa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline