Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Sesibuk Apa Para Pemilik Topik Pilihan Kolaborasi Sampai Tak Ada Interaksi?

Diperbarui: 20 Oktober 2023   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi foto pemanis saja: jangan membelakangi teman bicaramu (dok foto Greg Nafanu)

Topik Pilihan Kolaborasi sering ditampilkan oleh admin Kompasiana. Namanya kolaborasi, ada yang bertanggung jawab untuk mengelola tema atau isu yang diangkat dalam Topik Pilihan.

Harapannya, bukan hanya menuai artikel-artikel terkait dengan tema atau isu yang ditawarkan. Tetapi bagi para penulis Kompasiana, adalah adanya tanggapan dari pemilik Topik Pilihan Kolaborasi. 

Namun kenyataannya, akhir-akhir ini para pemilik Topik Pilihan Kolaborasi tak pernah muncul dan berinteraksi dengan para penulis Kompasiana yang begitu antusias untuk menanggapi  isu tersebut dalam berbagai tulisan.

Malahan, hanya sesama teman penulis Kompasiana yang saling berkunjung ke dinding yang disediakan. Memberi nilai dan menuliskan komentar berupa tanggapan atau sekedar motivasi bagi sang penulis.

Lantas kemanakah para pemilik Topik Pilihan Kolaborasi yang luar biasa ini? Saya pribadi mencoba  untuk berpikir positif saja. Kemungkinan terlalu sibuk.

Ilustrasi foto pemanis saja: isi lagi kopinya dan mari diskusi di dinding akun Kompasiana sambil seruput kopi (dok foto: Greg Nafanu)

Namun ada juga rasa kekhawatiran. Jangan-jangan artikel yang ditulis untuk menanggapi isu dalam Topik Pilihan Kolaborasi itu dianggap tidak terkait dengan tema yang dideskripsikan. 

Akibatnya, pemilik Topik Pilihan Kolaborasi memilih diam, sebab diam itu emas. Barangkali.

Bisa jadi, juga karena setelah tulisannya masuk dalam Topik Pilihan Kolaborasi, sang pemilik lupa password akun di Kompasiana. Makanya tak bisa  masuk lagi.

Ya, tak dapat masuk lagi untuk menanggapi berbagai tulisan yang dikirim oleh Kompasianer dengab tagline tema Topik Pilihan Kolaborasi.

Andai ada tanggapan terhadap artikel, paling tidak Kompasianer bisa belajar dari para pemilik Topik Pilihan Kolaborasi yang dinilai Mumpuni sesuai isu yang diangkat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline