Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

In Memoriam Unu Sirilius Nafanu, SE, M.M. Inspirator dan Motivator nan Rendah Hati

Diperbarui: 1 Juli 2023   01:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perginya sang motivator keluarga, Sirilius Nafanu, SE, M.M meninggalkan duka mendalam (foto dari dok pribadi Siril Nafanu)

Kematian adalah misteri ilahi. Benar-benar rahasia Sang Pencipta. Tak ada yang tahu, kapan ia akan dipanggil pulang menghadap Sang Khalik.

Demikian juga anak manusia bernama  Lius, putera sulung dari 12 bersaudara. Pada hari Kamis (29 Juni 2023) suami dari kakak Filipa Martins Amaral, SE ini pun menghembuskan nafas terakhir di RSUD Kefamenanu. 

Nama lengkapnya Sirilius Nafanu, SE, M.M. Kami, kakak adik, anak-anak dan keluarga biasa menyapanya dengan Kaka Lius. 

Saya sendiri lebih suka memanggilnya, Unu Naek atau Kaka Besar. Sebab beliau adalah kakak tertua alias putera sulung di dalam keluarga kami. 

Sementara rekan kerja dan mahasiswa  Universitas Timor (Unimor), salah satu universitas negeri di Kefamenanu, NTT ini mengenalnya sebagai Siril alias Sirna. 

Menjadi Teladan Keluarga untuk  Pendidikan 

Layaknya kehidupan zaman dahulu di kampung terpencil. Hanya ada satu sekolah tingkat SD di setiap desa.  Tak ada TK atau Paud, apalagi SMP dan level di atasnya.

Ada satu cerita lucu dan biasa kami jadikan sebagai bahan ejekan untuk si sulung. 

Semasa belum sekolah, Lius kecil tinggal bersama kakek dan nenek. Ketika usia 6 tahun, ia pun dijemput ayahanda untuk disekolahkan.

Karena sudah terbiasa bermain di luar, ia tak mau sekolah. Karenanya ayah kami menakut-nakutinya. Mengikat tangan kanan dengan tali lalu ditarik ke sekolah seperti menarik ternak.

Namun Lius cilik tak kehabisan akal. Digigitnya tangan ayahanda agar talinya terlepas. Dan jadilah, ia tak masuk sekolah hari itu juga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline