Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Menikmati Panorama Bumi Sekala Bekhak dari Puncak Lampung Barat

Diperbarui: 8 April 2024   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Patung posesi akad adat Lampung di Puncak Bumi Sekala Bekhak, Lampung Barat. Dok pribadi

Travel alias bepergian di dalam negeri sendiri, tak kalah menariknya dengan melancong ke luar negeri. Bermacam hal yang dapat dipelajari di tempat wisata kita.

Di antaranya, kebudayaan masyarakat setempat. Juga bangunan-bangunan berciri khas yang hanya dijumpai di daerah tersebut. 

Belum lagi makanan khas dan keindahan alamnya. Ditambah lagi dengan rest area dan arena bermain yang menambah semarak daerah wisata yang dituju.

Salah satu daerah yang dapat dikunjungi adalah Provinsi Lampung. Hampir semua wilayah kabupaten dan kota di Lampung memiliki tempat wisata yang menarik. 

Alamnya berupa pantai dan laut yang indah. Kawasan gunung dan bukitnya yang memiliki aneka vegetasi dan air terjun. Wisata alam lainnya, danau dan sungai yang bisa digunakan untuk olahraga arung jeram. Juga  gajah Lampung.

Anak tangga menuju Puncak Bumi Sekala Bekhak. Dok pribadi

Lampung juga kaya akan budayanya. Selain wisata alam, para wisatawan juga dapat menikmati situs sejarah seperti di taman purbakala Pugung Raharjo. Atau melihat kelompok ibu-ibu penyulam tapis, kain khas dari Lampung yang terkenal itu.

Kabupaten Lampung Barat dengan ibukota Liwa adalah salah satu daerah yang dapat dikunjungi. Lama perjalanan ke Kota Liwa dari Bandar Lampung, lebih kurang 5 jam dengan jarak tempuh 249,3 km melalui jalan Lintas Liwa.

Lebih kurang 63 km sebelum memasuki Kota Liwa, kita akan memasuki area perbukitan yang jalannya berkelok-kelok. Mirip jalur jalan di Puncak Bogor, Jawa Barat. 

Nah, di sinilah letak rest area Bumi Sekala Bekhak. Persis di Puncak bukit, terdapat pahatan patung yang mana beberapa pria menandu pengantin perempuan. Acara ini, masih sering dijumpai di masyarakat Lampung, yang mana merupakan prosesi akad adat Lampung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline