Lihat ke Halaman Asli

ASEP SLAMET

Bekerja mandiri untuk sendiri.

Deretan Angka Kode Pembawa Senyum Kebahagiaan

Diperbarui: 13 September 2023   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Di era masa kini belanja secara online sudah menjadi bagian dari gaya hidup keseharian masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal itu bisa terjadi dikarenakan belanja secara online menawarkan aneka kemudahan yang bisa dinikmati segenap lapisan masyarakat dimana pun dan kapan pun. Sehingga, tanpa harus membuang banyak waktu dan tenaga, segala kebutuhan baik berupa barang maupun non-barang (seperti produk-produk digital) dapat dibeli/dipesan cukup dari rumah hanya dengan menggunakan gadget seperti handphone, tab, atau laptop. Pilihan metode pembayarannya pun sangat variatif yang dapat dipilih dan ditentukan sendiri oleh masyarakat penggunanya, mulai dari dengan cara mentransfer lewat ATM, mobile banking, internet banking, dompet digital (e-wallet), bahkan bayar  tunai saat barang pesanan tiba (cash on delivery / COD).

Segala kemudahan tersebut dapat terjadi berkat kemajuan teknologi informasi yang amat sangat pesat di abad ini, atau lebih khusus lagi di dekade ini. Tanpa ditunjang teknologi informasi yang mumpuni, mustahil lalu-lintas belanja secara online dapat berlangsung dengan baik dan lancar seperti yang diharapkan.

Yang juga menggembirakan adalah, bahwa setiap pesanan barang yang kita buat di situs belanja online populer manapun (seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli maupun platform lainnya) dapat dilacak dan dipantau perjalanannya melalui nomor resi yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman dan pengantarannya. Jika di masa-masa sebelumnya untuk mengecek status resi dan keberadaan paket kita harus membuka terlebih dulu situs web perusahaan jasa ekspedisi sesuai dengan ekspedisi mana yang digunakan jasanya.

Maka pada masa sekarang ini kita cukup membuka satu situs web saja untuk mengecek status resi dan keberadaan paket yang dilayani oleh jasa ekspedisi manapun. Artinya, apapun jasa ekspedisi yang digunakan, resi yang mereka keluarkan dapat dicek status dan keberadaan paketnya melalui situs web www.cekresi.com . Adanya satu situs web yang terintegrasi  dengan hampir semua perusahaan jasa ekspedisi itu tentu sangat membantu karena kita tidak lagi harus mengingat satu demi satu situs web masing-masing perusahaan jasa ekspedisi yang cukup banyak jumlahnya itu.

Ramainya dunia belanja online ini tentu saja telah dan akan terus melahirkan berjuta pengalaman yang dialami oleh masing-masing penggunanya. Begitupun dengan saya sendiri, juga pernah mempunyai pengalaman unik dan berkesan yang tidak mungkin terlupakan sepanjang hidup. Mau tau pengalaman unik dan berkesan semacam apa yang pernah saya alami itu ?  Okelah, saya akan berbagi cerita ataupun pengalaman ini.

Di bulan Oktober 2021 yang lalu, tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2021, saya menerima pesan dari seorang sahabat melalui WhatsApp. Pesan itu berbunyi : "Selamat ulang tahun ya ...., semoga panjang umur. Dan terimalah kode ini sebagai hadiah ulang tahun dariku untukmu". Demikian isi pesan WhatsApp-nya itu, yang disitu disertakannya kode berupa 17 digit kombinasi huruf dan huruf. "Alamaak ...., ada-ada aja nih kawan, ngasih hadiah ulang tahun kok cuman kode berupa deretan huruf dan angka", gumam saya saat itu. Karena saya pikir itu cuma iseng belaka yang tidak jelas apa maksudnya, maka pesan dari sahabat itu saya abaikan walaupun tetap mengucapkan terima kasih padanya atas ucapan selamat ulang tahun yang dia sampaikan.

Singkat cerita, di sore hari tanggal 15 Oktober 2021, yaitu dua hari setelah hari ulang tahun saya di tahun itu, pagar rumah saya seperti ada yang membuka, lalu terdengarlah seseorang berkata setengah berteriak : "Pakeeettt .... !!!" . Ternyata yang datang itu seorang kurir dari ekspedisi ShopeeXpress, dan dia berkata : "Permisi Pak, ini saya mau nganterin paket". Saya agak bingung juga saat itu, karena saya tidak merasa memesan sesuatu apapun dari situs belanja manapun, namun nama dan alamatnya sangat jelas ditujukan untuk saya. Namun disaat melihat nomor resinya, kok sepertinya mirip dengan kode berupa sederetan huruf dan angka yang pernah diberikan oleh sahabat saya melalui pesan WhatsApp itu. Lalu saya pun serta-merta membuka handphone dan membaca kembali pesan WhatsApp dari sahabat saya itu, eh ternyata yang tempo hari disebutnya kode itu 100% identik dengan nomor resi yang tertera di paket itu !   

Oh my God ...., saya baru mengerti, rupanya sahabat saya itu sengaja memesan suatu barang dari salah satu official store yang ada di Shopee dan langsung mengalamatkannya kepada saya. Senang sekali menerima kejutan itu, terlebih sahabat saya itu sama sekali tidak pernah mengatakan bahwa ia mengirimi saya sesuatu barang sebagai hadiah ulang tahun. Yang pernah dikatakannya hanyalah mengirim "kode" itu sendiri sebagai hadiah, yang mana sebelumnya saya pun tidak menduga dan tidak berpikir bahwa itu adalah nomor resi pengiriman barang/pesanan.

Di hari itu pula saya segera menelepon sahabat saya itu. "Oh, kode yang kamu bilang itu rupanya nomor resi ya, bro ?!", tanya saya padanya. Dia pun tertawa terkekeh-kekeh seakan menertawai dan menikmati kebingungan yang sempat saya alami di hari itu. "Iya bro ...., kemarin aku order sesuatu untukmu dari sebuah official store di Shopee, dan langsung mengalamatkannya ke kamu". Dan rupanya dia pun memantau terus status resi dan keberadaan paket yang dia pesan khusus untuk saya itu, karena dia juga sempat berkata : "Yang aku bilang kode itu ya memang nomor resi, dan aku pun mengecek terus nomor resi itu di www.cekresi.com.

Yaaahhh ...., di dunia serba digital saat ini ternyata nomor resi pun dapat dijadikan alat untuk membuat suatu "kejutan manis" yang menyenangkan bagi orang-orang yang kita anggap istimewa. Dan apa yang dilakukan oleh sahabat saya itu, di kemudian hari pada bulan Mei 2023 yang lalu saya tiru dan saya "copy-paste" terhadap teman baik saya yang lain yang berulang tahun. Mirip seperti saya yang mengalami sebelumnya, dia pun kaget "dihadiahi" kode berupa deretan kombinasi huruf dan angka semacam itu, hingga kemudian tertawa bareng disaat menyadari bahwa itu adalah nomor resi. Bukan main dan bukan main-main !

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline