Hai Entrepreneurs,
Apakah Anda merasa produk atau jasa yang Anda jual mirip atau sama dengan kompetitor, dan satu-satunya cara bersaing adalah dengan banting harga? Dan akhirnya bisnis Anda terjebak perang harga?
Jika ya, maka Practical Business Tips dari Coach Yohanes adalah pahami betul makna dari Marketing Fundamental, yaitu "Perception is reality". Artinya adalah "persepsi customer Anda tentang bisnis Anda adalah kenyataan." Jika customer Anda punya persepsi bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak ada bedanya dengan kompetitor, maka satu-satunya pembeda adalah harga yang lebih murah!
Anda pasti pernah membeli produk atau jasa dalam hidup Anda, dimana Anda tahu harganya lebih mahal dari kompetitornya, namun Anda tetap membeli produk atau jasa di bisnis itu. Pernahkah bertanya ke diri sendiri, kenapa begitu?
Saat customer Anda ber-persepsi bahwa produk atau jasa Anda lebih baik, maka Anda akan heran, ternyata saat Anda mengenakan harga yang lebih tinggi, customer Anda tetap membeli dari Anda! Kenapa begitu? Karena persepsi adalah kenyataan!
Mulai sekarang, mari pelajari salah satu hal penting dari Marketing, yaitu Branding Strategy. Apa yang harus Anda lakukan sehingga produk atau jasa atau bisnis Anda mulai di-persepsi-kan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor? Saya tidak bilang hanya bungkus-nya saja yang baik, namun semua yang penting harus baik!
Business is FUN!
Keep the PASSION real!
Sumber:
Gratyo.com
YohanesGPauly.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H