Lihat ke Halaman Asli

Berpadu Api dalam Harmoni Desa Sarwodadi Kecamatan Bantarbolang Bersama UNNES GIAT 5

Diperbarui: 2 Agustus 2023   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga Desa Sarwodadi Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang | Sumber : Fadhila

Desa Sarwodadi merupakan salah satu bagian dari wilayah Kabupaten Pemalang yang sedang bergembira memperingati tahun baru 1445 Hijriah pada tanggal 19 Juli 2023. Perayaan penuh warna diselenggarakan di Masjid Al-Ikhlas Rt 02 dengan awalan kegiatan mengelilingi desa Sarwodadi membawa obor yang menyala-nyala sambil bersholawat Busyro.

Saat memulai perayaan tahun baru, mantan kepala desa bapak Jalal Udin mengatakan kepada tim UNNES GIAT 5 Desa Sarwodadi Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang bahwa tahun baru 1445 H adalah perayaan kedua bagi desa Sarwodadi dengan pawai obor. Pawai obor merupakan tradisi yang paling penting dalam 1 Muharram bagi umat yang beragama muslim.

Desa Sarwodadi merupakan 100% warga yang beragama  muslim sejak awal sehingga untuk perayaan kedua ini semua warga sangat antusia baik generasi muda hingga tua. Kegiatan keliling desa dimulai pukul 18.30 WIB sampai 20.00 WIB dan diakhiri dengan makan-makan bersama di pelataran jalan masjid (samping masjid Al-Ikhlas). Makan bersama dilaksanakan secara hikmah dengan alas makan daun pisang yang dijejerkan sampai mencukup seluruh warga yang menikmati. Warga Sarwodadi sangat bahagia dengan perayaan besar bagi agama muslim.

Sumber : Fadhila

Dengan perayaan tahun baru 1 Muharram mahasiswa UNNES GIAT 5 merasa sangat terharu dengan kegiatan ini karena diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan bersama masyarakat secara penuh baik dimulai membantu dalam pembuatan makanan dan minuman yang akan dihidangkan, pelaksanaan sholat bersama, pawai obor yang dibarengi dengan berbagi cemilan manis dengan anak-anak, hingga makan bersama sampai pembersihan tempat lokasi untuk menghindari sampah yang dibuang sembarangan. 

Sumber : Dila




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline