Lihat ke Halaman Asli

Gratcya Francoice

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Prabowo Subianto: Pemimpin Tak Boleh Takut Kalah!

Diperbarui: 27 September 2023   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://betv.disway.id/

Menjadi seorang pemimpin adalah panggilan. Kita harus memahami darimana panggilan itu muncul. Seseorang mungkin membutuhkan waktu bertahun -- tahun untuk menemukan panggilannya, sehingga sangat mungkin jika seorang pemimpin harus memiliki banyak pengalaman. Hal ini juga yang bisa dilihat dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto atau yang biasa dikenal dengan nama Prabowo Subianto, saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju. 

Setelah purna tugas dari dinas militer, Prabowo Subianto beralih profesi menjadi pengusaha. Nama mantan Pangkostrad dan Danjen Kopassus ini kembali menjadi sorotan, setelah turut serta dalam konvensi pencalonan presiden dari Partai Golkar (Gerindra, 2022).

Putra dari Sumitro Djojohadikusumo, yang dikenal sebagai salah satu pemimpin ekonomi terkemuka, telah kembali aktif berkontribusi kepada negaranya.  Hal ini adalah pernyataan yang dapat dibenarkan (Kemenhan, n.d).

Pernah empat kali kalah dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia, tidak membuat  mantan perwira di Kopassus TNI AD ini menyerah, tetapi tetap menunjukkan tekad, semangat dan keteguhannya dalam menghadapi pemilihan presiden 2024 mendatang.

Meski demikian, Prabowo tetap memiliki pengaruh besar di Indonesia. Pada setiap pemilihan presiden yang diikutinya, Prabowo Subianto selalu berhasil mendapatkan dukungan yang cukup besar dari sebagian penduduk Indonesia. Meskipun belum berhasil mencapai jabatan tertinggi di negara Indonesia, perjalanan politiknya telah menciptakan sejarah dalam perkembangan demokrasi di Indonesia.

Kegigihan dan gaya kepemimpinan Prabowo Subianto dapat dikatakan sangat menginspriasi. Ia tetap menjadi dirinya sendiri, bukan meniru orang lain dengan menunjukkan hasrat atau keinginannya untuk mencapai tujuannya yaitu Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Strategi ini telah disusun sesuai dengan tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Menilik gaya kepemimpinan Prabowo Subianto dengan dasar Jose Zolner's Four Frames of Leadership. 

Kepemimpinan dipahami sebagai proses memengaruhi orang lain sehingga mereka mau mengerahkan segala upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Proses memengaruhi berlangsung melalui komunikasi interpersonal sehingga pemimpin harus menguasai berbagai keterampilan dan strategi komunikasi (Bolman & Deal, 2017, h.178).

  • Structural Frame (Kerangka Struktural)

Structural frame berfokus pada struktur, proses, peran dan aturan organisasi. Para pemimpin kerangka ini menekankan kejelasan peran dan tanggung jawab, hirarki formal, serta desain sistem dan proses yang efisien (Bolman & Deal, 2017, h. 48). 

Dari sudut pandang structural frame, Prabowo Subianto adalah pemimpin yang memandang masalah sebagai bentuk penyelarasan dan efisiensi, sehingga solusi yang diberikan harus melibatkan restrukturasi atau memperjelas peran dan tanggung jawab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline