Lihat ke Halaman Asli

Grasiara Naya S

Blogger ilmu Hukum

Hubungan Hukum dengan Kewenangan Politik Menurut Marc Galanter

Diperbarui: 29 November 2023   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Marc Galanter menguraikan ciri hukum modern dengan memperhatikan hubungan antara hukum dan kewenangan politik, antara lain:

  • Sistem bersifat politis, Hukum berhubungan dengan negara sehingga negara memonopoli penyelesaian seluruh sengketa. Pengadilan dan Asosiasi Perdagangan, hanya dioperasikan oleh negara atau melalui lembaga-lembaganya dan melakukan pengawasan terhadapnya.
  • Kegiatan menemukan hukum dan menerapkannya pada kasus-kasus konkrit dibedakan secara personal dan teknis pada fungsi pemerintahan. Baik legislatif yudikatif, dan eksekutif merupakan fungsi yang terpisah dan berbeda.

Ciri aturan hukum diatas merupakan ciri hukum modern yang dikemukakan oleh Marc Galanter, Pada intinya Galanter menekankan bahwa model hukum modern selalu menekankan pada kesatuan atau unifikasi (unity). Keseragaman atau kodifikasi (uniformity) dan univesal (universality. Akhirnya dapat dikatakan bahwa masing-masing sistem hukum dalam masyarakat yang heterogen akan menghadapi kendala-kendala seperti penerimaan terhadap norma-norma dan tujuan daerah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline