Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

3 Fungsi Kearifan Lokal sebagai Aspek Budaya Nusantara

Diperbarui: 21 Juli 2023   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay/SZimmermann_DE

Setiap negara pastinya mempunyai keunikannya masing-masing, termasuk Indonesia. Kita pasti menyadari kalau negara Indonesia ini sangat unik. 

Keunikan yang dimiliki oleh negara kita ini berasal dari adat istiadat, tradisi, serta kearifan lokal yang ada di Indonesia. 

Bukan hanya satu, bahkan setiap daerah di Indonesia mempunyai kearifan lokalnya masing-masing.

Kearifan lokal merupakan kumpulan nilai serta perilaku hidup masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Bagi masyarakat sekitar, kearifan lokal ini mempunyai makna sosial, etika, serta moral, dan juga makna politik tertentu.

Kearifan lokal adalah sebuah warisan yang tidak ternilai, yang terkandung dalam budaya serta kehidupan sehari-hari di suatu daerah atau komunitas tertentu. 

Di tengah kemajuan teknologi serta globalisasi yang semakin luas, kearifan lokal tetaplah menjadi sebuah pijakan penting dalam menghargai identitas suatu masyarakat.

Jika sudah tahu sedikit tentang kearifan lokal, lalu apakah kamu sudah tahu fungsi dari kearifan lokal? Jika belum, yuk, simak ulasan tentang fungsi dari kearifan lokal berikut ini.

Fungsi Kearifan Lokal

Kearifan lokal yang ada mungkin mempunyai sifat yang sangat tradisional, tetapi keberadaan dari kearifan lokal ini sangat penting untuk masyarakat setempat.

Sebab, kearifan lokal bukan hanya bisa dijadikan sebagai pedoman dalam bertindak atau bersikap saja, tetapi juga mempunyai fungsi tertentu. Berikut fungsi dari kearifan lokal untuk masyarakat.

1. Konservasi pelestarian sumber daya alam yang ada

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline