Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

5 Cara Memanfaatkan Energi Alternatif dengan Bijak yang Bisa Kamu Lakukan

Diperbarui: 17 Juli 2023   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay/ColiN00B

Apakah kamu pernah terpikirkan kalau energi yang saat ini ada, tiba-tiba bisa habis? Sebab, jika kita tidak menggunakan energi yang ada dengan baik, maka bisa saja energi tersebut bisa habis.

Memanfaatkan ketersediaan sumber energi untuk bisa memudahkan aktivitas kehidupan adalah hal yang boleh dilakukan oleh setiap manusia. 

Akan tetapi, ada hal yang perlu untuk kita ingat, bahwa ketersediaan energi tersebut bisa saja sewaktu-waktu habis apabila masyarakat tidak digunakan dengan cara yang bijak.

Maka dari itu, supaya setiap orang masih tetap bisa dengan mudah mendapatkan sumber energi tersebut, maka setiap masyarakat perlu melakukan 5 cara tepat untuk memanfaatkan energi alternatif yang tentunya akan kita bahas pada artikel ini.

Sebab, setiap aktivitas dan segala hal yang ada di sekitar kita membutuhkan energi. Misalnya saja, energi matahari yang mampu membantu proses tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, membuat hujan, dan sebagainya. 

Sedangkan energi yang dibuat oleh manusia salah satunya adalah energi nuklir, tetapi juga membutuhkan tenaga ahli untuk menstabilkan radiasi yang dihasilkannya.

Banyaknya aktivitas yang membutuhkan energi, menjaga kelestarian sumber energi alam maupun sumber energi alternatif merupakan suatu kewajiban bersama yang perlu untuk dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di bumi ini. 

Oleh sebab itu, demi kelestarian sumber energi alternatif, kita perlu untuk bersatu padu dalam menerapkan cara dalam memanfaatkan energi alternatif dengan cara yang bijak.

Penasaran gimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini. sebelum itu, kita ketahui terlebih dahulu juga fungsi dari energi, ya.

Fungsi Energi

Berikut adalah fungsi energi yang bisa membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Berikut ini contoh dari fungsi energi dengan mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline