Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

4 Ciri Khas Pantun Jenaka Beserta Contohnya yang Baik dan Benar!

Diperbarui: 30 Juni 2023   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay/jarmoluk

Kamu pasti sering mendengar bentuk puisi pendek, bukan? Puisi pendek tersebut disebut dengan pantun.

Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra yang terbagi lagi ke dalam beberapa jenis di dalamnya. Salah satu jenis pantun yang sampai saat ini banyak digunakan adalah pantun jenaka.

Walaupun sering kita dengar, tetapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang makna dari pantun jenaka itu sendiri.

Pantun sendiri adalah sebuah tradisi lisan dari masyarakat Melayu yang kemudian tersebar luas ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Melayu di sini adalah meliputi daerah seperti seluruh Pulau Sumatera, termasuk juga Padang dan Riau.

Awalnya, pantun adalah bentuk dari karya sastra lisan, tetapi saat ini sudah banyak pantun yang menjelma dalam bentuk tertulis. Pantun juga dikenal ada di dalam sebuah lagu.

Untuk lebih memahami tentang pantun jenaka, ketahui ciri-ciri dari pantun jenaka, yang membedakannya dengan jenis pantun yang lainnya. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Apa Itu Pantun Jenaka?

Pantun jenaka adalah salah satu jenis pantun yang dibuat hanya untuk lucu-lucuan saja. Pantun jenaka mempunyai tujuan untuk menghibur para pendengar dan pembacanya. 

Hal ini karena, kata jenaka sendiri mempunyai arti lucu. Jadi, dapat dikatakan bahwa pantun jenaka adalah pantun yang bersifat lucu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pantun sendiri sebetulnya lebih mengarah kepada sebuah tradisi dari suku Melayu. 

Jadi, tidak heran kalau dalam pantun-pantun lama, banyak kita temukan bahasa melayu yang mungkin saja terdengar asing untuk sebagian orang.

Ciri-ciri Pantun Jenaka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline