Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

10 Makanan Tidak Sehat yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Setiap Hari!

Diperbarui: 1 September 2023   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Shutterbug75 on Pexels

Kamu mungkin sering bingung dengan resep masakan sehari-hari sehingga tidak sadar memakan makanan tidak sehat agar tidak ribet. Jika terus diabaikan, makanan ini justru akan menimbulkan penyakit karena sering kamu konsumsi. 

Itulah sebabnya kamu perlu tahu apa saja makanan tidak sehat yang tidak seharusnya kamu konsumsi terlalu sering. Apalagi jika kamu sudah menyukai makanan tidak sehat tersebut harus segera menguranginya.

Makanan Tidak Sehat

Berikut ini deretan makan tidak sehat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering:

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seringkali dianggap sebagai makanan yang tidak sehat karena biasanya mengandung banyak kalori, lemak jenuh, gula, garam, dan bahan tambahan lainnya seperti pewarna dan pengawet. 

Selain itu, makanan cepat saji sering diproses secara industri dengan teknik yang dapat menghilangkan nutrisi penting, seperti serat dan vitamin, serta menambahkan bahan-bahan yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan, seperti MSG dan asam lemak trans.

Kebanyakan makanan cepat saji juga dihidangkan dalam porsi yang sangat besar, yang dapat menyebabkan konsumsi kalori yang berlebihan dan berkontribusi pada kelebihan berat badan dan obesitas. 

Terlebih lagi, makanan cepat saji biasanya disiapkan dengan cara yang cepat dan mudah, sehingga mengandung sedikit nutrisi dan sering kali tidak memenuhi kebutuhan gizi yang sehat bagi tubuh. 

Itulah sebabnya jika kamu mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak ini bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti kanker, diabetes, bahkan penyakit jantung. Contoh makanan cepat saji  yang tidak baik seperti pizza, ayam goreng, kentang goreng, seblak kuah, nasi goreng sedangkan makan cepat saji yang sehat adalah perkedel kentang, kebab, tahu cabe garam, soto betawi, salad buah.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, ham, dan daging asap mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat meningkatkan risiko kanker. Konsumsi makanan olahan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes.

3. Soda

Soda mengandung gula yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Bahkan minum satu kaleng soda sehari dapat meningkatkan risiko kematian dini.

4. Kue dan Permen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline