Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

10 Inspirasi Lauk, Anti Bingung dan Bosan dengan Menu Masakan Itu-itu Saja!

Diperbarui: 2 Mei 2023   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by fudowakira0 on Pixabay

Apakah kamu sudah kehabisan ide untuk menu masakan sehari-hari? Jika bosan dengan lauk tertentu, bisa coba menu lauk lainnya yang lebih variatif. Jangan khawatir, ada inspirasi lauk berikut ini yang bisa kamu coba agar menu masakan kamu tidak itu-itu saja. 

Inspirasi Lauk

Berikut adalah beberapa inspirasi lauk beserta penjelasan masakannya yang bisa kamu jadikan referensi agar tidak bosan:

1. Ayam Goreng Mentega

Lauk yang satu ini cukup populer dan menjadi favorit banyak orang. Ayam goreng yang digoreng dengan tepung kemudian disiram dengan saus mentega yang kaya rasa dan gurih.

Cara memasaknya, ayam digoreng dengan tepung kemudian saus mentega dibuat dengan campuran mentega, bawang putih, kecap manis, saus tiram, susu kental manis, garam dan merica.

2. Sapi Lada Hitam

Daging sapi yang diiris tipis kemudian dimasak dengan bumbu lada hitam. Cara memasaknya, daging sapi yang sudah diiris kemudian dimasak dengan bawang putih, bawang bombay, cabai merah, saus tiram, kecap manis, garam dan merica. 

Kemudian, ditambahkan lada hitam sebagai bumbu utama. Olahan daging sapi memang jadi lauk favorit yang tidak pernah salah kelezatannya.

3. Ikan Bakar

Lauk yang satu ini cukup mudah dan praktis dibuat. Ikan yang dibersihkan kemudian bumbui dengan garam, merica dan perasan jeruk nipis. Kemudian, dipanggang dengan api kecil hingga matang sempurna.

4. Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, labu siam, tahu, dan tempe yang dimasak dalam santan. 

Cara memasaknya, bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, lengkuas, dan kunyit dihaluskan dan ditumis dengan minyak goreng hingga harum. Kemudian ditambahkan santan, sayuran dan garam secukupnya.

5. Rendang

Rendang adalah masakan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam santan dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, daun jeruk, dan serai. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline