Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

10 Kesalahan Menggunakan ATM yang Masih Sering Terjadi!

Diperbarui: 14 Maret 2023   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by pch.vector on Freepik

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan ATM untuk segala transaksi keuangan. Namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan ATM. Jika terus diabaikan, kesalahan menggunakan ATM ini mungkin akan merugikanmu. 

Kesalahan Menggunakan ATM

Berikut ini adalah beberapa kesalahan menggunakan ATM yang masih sering terjadi saat bertransaksi keuangan:

1. Salah Memasukkan PIN

Kesalahan yang paling umum saat menggunakan ATM adalah salah memasukkan PIN. Ini terjadi ketika kamu mungkin lupa atau salah mengingat PIN yang seharusnya digunakan untuk mengakses rekening bank. 

Jika ini terjadi, maka mesin ATM akan menolak transaksi. Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan untuk mengingat PIN dengan baik atau menuliskannya di tempat yang aman.

2. Tidak Memilih Opsi yang Benar

Ketika menggunakan mesin ATM, pengguna akan melihat berbagai opsi yang tersedia di layar. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah memilih opsi yang salah. 

Misalnya, kamu memilih opsi "Setor Tunai" padahal seharusnya memilih opsi "Tarik Tunai". Ini bisa menyebabkan transaksi gagal dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

3. Menarik Uang Lebih dari Batas Limit Harian

Setiap ATM memiliki batas limit harian untuk penarikan tunai. Jika kamu mencoba menarik uang lebih dari batas limit harian, transaksi akan gagal dan harus menunggu hingga keesokan harinya untuk menarik uang lagi. 

Pastikan untuk memeriksa batas limit harian sebelum melakukan transaksi di mesin ATM. Akibatnya, kamu jadi membuang waktu, kecuali kamu memiliki nomor rekening yang memiliki limit besar. 

4. Tidak Memeriksa Jumlah Uang yang Ditarik

Setelah menarik uang dari mesin ATM, pastikan untuk memeriksa jumlah uang yang ditarik. Ada beberapa kasus di mana mesin ATM memberikan jumlah yang salah atau tidak memberikan uang sama sekali. Jika ini terjadi, segera laporkan masalah tersebut ke bank.

5. Meninggalkan Mesin ATM Tanpa Mengambil Kartu

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah meninggalkan mesin ATM tanpa mengambil kartu ATM. Mesin ATM akan secara otomatis menarik kartu Anda setelah beberapa detik jika kamu tidak mengambilnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline