Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

7 Struktur Teks Laporan Penelitian yang Baik dan Benar!

Diperbarui: 9 Maret 2023   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Charlotte May on Pexels

Teks laporan penelitian adalah hal penting yang harus diketahui para akademika, mulai dari dosen, peneliti, sampai mahasiswa. Ini adalah bagian dari proses penelitian, termasuk bagaimana menyampaikan hasil penelitian kepada pembaca atau khalayak umum.

Itulah sebabnya dalam penyusunan laporan penelitian, penting untuk memperhatikan struktur teks laporan penelitian. Hakikat penelitian berarti juga berkaitan dengan bagaimana cara melaporkannya dengan baik dan benar.

Pengertian Laporan Penelitian

Laporan penelitian merupakan langkah terakhir dalam proses penelitian dan dibuat menjadi dokumen yang tersedia secara luas dan mudah dibaca. Dalam penyusunan laporan penelitian, peneliti tidak bisa sembarangan. 

Hal ini karena laporan penelitian harus ilmiah, objektif, sistematis dan tepat waktu. Berbeda dengan contoh teks laporan percobaan biasa, teks laporan penelitian lebih kompleks karena sudah berisi hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan. 

Laporan penelitian juga dapat dikatakan sebagai alat komunikasi antara peneliti dengan pembacanya, baik sebagai subjek utama penelitian maupun dengan masyarakat luas. 

Oleh karena itu, penelitian merupakan sumber terpercaya untuk melaporkan atau menginformasikan tentang peristiwa, fenomena atau bencana alam yang diteliti oleh peneliti. 

Sebagai bentuk penelitian yang ditulis oleh peneliti, laporan penelitian memiliki beberapa manfaat penting bagi orang yang membacanya, antara lain seperti berikut ini:

  • Sebagai perantara informasi, yang nantinya dapat berguna untuk pengembangan informasi dan inovasi baru

  • Untuk memudahkan komunikasi antara peneliti dengan masyarakat umum yang dihadapkan pada masalah-masalah sosial atau isu-isu yang diangkat oleh penelitian

  • Sebagai sarana pengaplikasian ilmu, karena setiap kajian dianalisis dengan menggunakan teori-teori tertentu yang sesuai dan dapat menjawab pertanyaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline