Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

5 Keutamaan Menuntut Ilmu Menurut Islam yang Bisa Menjadi Jalan Menuju Surga!

Diperbarui: 21 Februari 2023   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay

Menjadi orang yang berilmu mempunyai banyak sekali keutamaan serta manfaatnya. Dalam Islam sendiri, terdapat banyak sekali keutamaan dalam menuntut ilmu yang bisa diraih oleh setiap umat muslim.

Agama Islam mewajibkan kepada setiap umatnya untuk menuntut ilmu, yang tidak terikat oleh waktu dan tempat. Bahkan, ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah SAW pada saat dirinya menjadi nabi adalah surat Al-alaq yang berbunyi "Iqra", yang memiliki arti bacalah.

Hal ini menunjukkan jika kedudukan ilmu dalam agama Islam sangatlah mulia. Di dalam sebuah hadits juga Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barangsiapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga." (HR Bukhari dan Muslim).

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat keutamaan bagi orang yang menuntut ilmu. Maka, berikut ini adalah keutamaan orang menuntut ilmu menurut Islam.

Keutamaan Menuntut Ilmu

Sumber: pexels

Terdapat keutamaan menuntut ilmu untuk orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Karena memiliki keutamaan yang mulia dan besar, berikut di antara keutamaan menuntut ilmu:

1. Ilmu adalah warisan para nabi

Keutamaan menuntut ilmu yang pertama adalah suatu warisan para nai yang sangat baik untuk bisa diperoleh. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya adalah:

"Dan sesungguhnya para Nabi tidak pernah mewariskan uang emas dan tidak pula uang perak, akan tetapi mereka telah mewariskan ilmu (ilmu syar'i) barang siapa yang mengambil warisan tersebut maka sungguh ia telah mengambil bagian yang banyak." (HR Ahmad)

Hal ini menunjukkan bahwa keutamaan dari menuntut ilmu lebih tinggi daripada emas dan juga uang yang bersifat materi. Sebab, pada saat seseorang berilmu dan kemudian ia mengajarkannya, maka hal itu bisa menjadi amal jariyah kepada orang tersebut yang akan terus mengalir, bahkan sampai orang tersebut meninggal dunia.

2. Menuntut ilmu adalah jalan menuju surga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline